Pengertian dan Contoh Badan Usaha Industri, Agraris, Ekstraktif, Perdagangan dan Jasa

Posted by Ekonomi Bisnis on Sabtu, 02 Juni 2018

Loading...

Loading...
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat berbagai macam bisnis yang dijalankan oleh badan usaha. Misalnya adalah bisnis kuliner, bisnis perdagangan, bisnis travel, hingga bisnis kelapa sawit. Dalam ilmu ekonomi, jenis-jenis usaha yang dilakukan oleh badan usaha terbagi menjadi 5 jenis, yaitu badan usaha industri, agraris, ekstraktif, perdagangan dan jasa. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian dan contoh badan usaha industri, agraris, ekstraktif, perdagangan dan jasa.

Badan usaha industri


Kegiatan industri mulai berkembang pesat pada masa Revolusi Industri di Inggris pada awal abad ke 18. Kegiatan industri terkait dengan pengelolaan bahan baku atau bahan mentah menjadi barang jadi yang siap pakai. Oleh karena itu, pengertian badan usaha industri adalah perusahaan yang kegiatan utamanya adalah mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau mengubah barang setengah jadi menjadi barang jadi.

Pada saat ini,kegiatan industri tidak hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Industri rumahan bisa lahir dengan mudah dengan adanya kemajuan teknologi, terutama industri kreatif. Contoh badan usaha industri adalah industri tekstil yang mengubah kain menjadi pakaian jadi ataupun industri kreatif yang mengubah kayu menjadi mebel kualitas tinggi.

Badan usaha agraris


Ketika mendengar kata agraris, yang pertama kali terbesit dalam pikiran kita bahwa kegiatan agraris berkaitan dengan kegiatan pertanian dan perkebunan. Pada dasarnya, kegiatan agraris adalah kegiatan yang memanfaatkan tanah dan mengelolanya dengan baik sehingga bisa menghasilkan. Badan usaha agraris adalah badan usaha yang kegiatan utamanya adalah mengelolan dan memanfaatkan tanah sehingga bisa menghasilkan hasil alam yang bermanfaat.

Contoh badan usaha agraris tidak selalu berkaitan dengan kegiatan perkebunan dan pertanian. Peikanan darat (tambak) dan peternakan juga termasuk contoh badan usaha di bidang agraris.

Badan Usaha Ekstraktif


Kegiatan utama dari badan usaha ektraktif adalah mengelola dan mengambil langsung suber daya yang ada di alam untuk dipergunakan menjadi lebih bermanfaat. Berbeda dengan badan usaha agraris yang mengelola tanah untuk menghasilkan sumber daya alam. Kegiatan perusahaan ekstraktif yang mengambil langsung sesuatu dari alam tanpa adanya usaha pengembalian bisa memberikan dampak yang besar. Beberapa kegiatan perusahaan ekstraktif bahkan tidak memungkinkan terjadinya pengembalian barang yang telah diambil.

Contoh badan usaha ekstraktif adalah pertambangan, perikanan laut, dan penebangan kayu. Kegiatan pertambangan mengambil hasil bumi secara langsung. Sumber daya alam berupa hasil bumi termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui sehingga akan habis dalam jangka waktu tertentu. Demikian juga dengan perikanan laut, jika perburuan tidak dibatasi, maka bisa habis. Sementara itu, badan usaha ekstraktif yang bergerak di bidang penebangan kayu bisa melakukan kegiatan reboisasi untuk mengembalikan kondisi alam, meskipun butuh waktu puluhan tahun.

Badan usaha perdagangan


Kegiatan utama badan usaha perdagangan adalah melakukan kegiatan jual beli sehingga menghasilkan keuntungan. Badan usaha perdagangan akan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen dengan berbagai macam cara. Distributor-distributor skala kecil hingga skala besar termasuk dalam jenis badan usaha perdagangan. Contoh badan usaha perdagangan adalah supermarket, toko retail, pedagang grosir dan swalayan, hingga perusahaan ekspor impor.

Pengertian dan Contoh Badan Usaha Industri, Agraris, Ekstraktif, Perdagangan dan Jasa

Badan usaha jasa


Kegiatan utama badan usaha jasa adalah memberikan pelayanan kepada konsumen. Badan usaha jasa adalah perusahaan yang mengandalkan pelayanan kepada pelanggan sehingga mendapatkan keuntungan dari pelanggan yang menggunakan jasa yang mereka sediakan. 

Contoh badan usaha jasa adalah perusahaan travel yang menyediakan jasa transportasi, hotel yang menyediakan jasa penginapan, hingga tukang jahit yang menyediakan jasa perbaikan pakaian.

Pada dasarnya, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh berbagai jenis badan usaha di atas adalah menghasilkan keuntungan. Bagi yang tertarik dengan dunia bisnis, badan usaha industri, agraris, ekstraktif, perdagangan dan jasa bisa memberikan potensi penghasilan yang sangat besar. 

Loading...

Blog, Updated at: Juni 02, 2018

0 komentar:

Posting Komentar