Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Campuran serta Kelebihan dan Kekurangannya

Posted by Ekonomi Bisnis on Jumat, 09 Februari 2018

Loading...

Loading...

Pengertian sistem ekonomi campuran

Sistem ekonomi campuran ini merupakan gabungan dari kedua sistem yaitu sistem ekonomi sosialis dan sistem ekonomi kapitalis (liberal) sehingga ada dua unsur yang saling berdampingan, yaitu pemerintah pusat dan pasar bebas. Sistem perekonomian campuran adalah suatu sistem perekonomian yang dikendalikan dan diawasi oleh pemerintah pusat tetapi masyarakat masih diberi kebebasan untuk menentukan kegiatan- kegiatan ekonomi yang dijalankannya. 

Pada dasarnya campur tangan pemerintah dalam kegiatan ekonomi adalah untuk melindungi masyarakat yang lemah dan tertindas dan mengatasi kegiatan ekonomi yang mengalami fluktuasi atau gelombang ekonomi yang tajam. Campur tangan pemerintah terdiri atas peraturan- peraturan yang bertujuan untuk mengatur dan mengawasi kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh pihak swasta agar sesuai dengan norma yang wajar. Juga adanya penetapan suatu kebijakan di bidang fiskal dan moneter yang bertujuan agar perekonomian berjalan dengan pesat tanpa mengalami permasalahan inflasi dan pengangguran.

Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Campuran serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ciri sistem ekonomi campuran

Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah dan swasta mempunyai peranan yang berimbang dalam kegiatan ekonomi. Ciri-ciri sistem ekonomi campuran adalah sebagai berikut. 
  1. Merupakan kombinasi antara sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi pasar
  2. Barang modal dan sumber daya yang vital seperti listrik, air, telekomunikasi,dan transportasi  dikuasai langsung oleh pemerintah. 
  3. Pemerintah melakukan intervensi dengan cara membuat peraturan, menetapkan kebijakan fiskal, moneter, membantu dan mengawasi kegiatan sektor swasta sehingga persaingan tidak sehat dapat dihindari.
  4. Peran pemerintah dan swasta berimbang.


Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah dapat mengatur, mengawasi, menstabilkan, dan memajukan ekonomi nasional secara keseluruhan dengan cara mendorong dan membimbing inisiatif swasta dan prakarsa rakyat. Pada umumnya campur tangan pemerintah dalam perekonomian melalui kebijakan fiskal dan moneter.

Kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi campuran


Berikut ini adalah beberapa kelebihan sistem ekonomi campuran :
  • Adanya pengakuan terhadap hak setiap individu
  • Keperluan rakyat untuk kesejahteraan lebih mendapatkan perhatian pemerintah.
  • Tidak terjadi monopoli baik oleh pemerintah ataupun pihak swasta
  • Kestabilan ekonomi lebih terjamin
  • Sumber daya ekonomi tidak dapat digunakan secara sewenang-wenang oleh swasta karena adanya regulasi ketat dari pemerintah
  • Setiap individu memiliki peluang yang sama dalam memperoleh keuntungan.
  • Penetapan harga barang bisa dikendalikan oleh pemerintah.
  • Adanya persaingan yang bebas dan aman mendorong para pengusaha untuk melakukan inovasi sehingga perkembangan ekonomi selalu menuju ke arah yang lebih baik 

Berikut ini adalah beberapa kekurangan sistem ekonomi campuran :
  • Pemerintah memiliki beban berat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dibandingkan pihak swasta.
  • Pihak swasta kurang mampu memaksimalkan keuntungan yang mereka peroleh.
  • Pertumbuhan ekonomi cenderung lebih lambat daripada dengan sistem ekonomi pasar (liberal)
  • Pengusaan terhadap sumber daya modal menyebabkan pihak yang kaya cenderung makin kaya.
  • Walaupun peran pemerintah sangat besar, tetapi masalah ekonomi seperti inflasi, pengangguran, dan lainnya masih akan muncul dan berkembang
  • Pemerintah sulit untuk melakukan pemerataan pendapatan


Contoh negara penganut sistem ekonomi campuran


Pada dasarnya, tidak ada satu pun sistem ekonomi yang paling ideal dan sempurna. Selain itu, tidak ada satu negara di dunia yang menggunakan salah satu sistem ekonomi secara murni. Kebanyakan negara tidak lagi menganut salah satu sistem ekonomi, melainkan mencari kombinasi (modifikasi) dari sistem- sistem yang ada yang dirasa paling sesuai dengan situasi dan tradisi negara yang bersangkutan. Amerika Serikat misalnya, meskipun terkenal dengan ekonomi pasar bebasnya namun campur tangan pemerintah terlihat jelas, dengan membuat undang- undang anti monopoli. Ini berarti bahwa meskipun ekonomi diserahkan pada mekanisme pasar, namun pemerintah juga memberikan batasan- batasan tertentu pada pihak swasta. Selain Amerika, Prancis, dan Kuba juga memodifikasi sistem ekonomi mereka. Ada banyak negara penganut sistem ekonomi campuran di dunia, terutama negara-negara yang sedang berkembang.

Loading...

Blog, Updated at: Februari 09, 2018

0 komentar:

Posting Komentar