Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran

Posted by Ekonomi Bisnis on Jumat, 09 Februari 2018

Loading...

Loading...
Kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi campuran ada karena sistem ekonomi campuran merupakan pertengahan dari sistem ekonomi komando dan sistem ekonomi pasar bebas, di mana sumber daya dialokasikan oleh pasar dan pemerintah. Adapun tujuannya untuk menghindari penguasaan secara penuh dari segolongan masyarakat terhadap sumber daya ekonomi. Jadi, sistem ekonomi campuran adalah suatu sistem organisasi ekonomi yang ditandai dengan keikutsertaan pemerintah dalam menentukan cara- cara mengatasi masalah ekonomi yang dihadapi masyarakat. Sistem ekonomi campuran juga disebut dengan istilah demokrasi ekonomi, welfare state atau keynesianisme. 

Ciri-ciri sistem ekonomi campuran sebagai berikut :

1) Ada kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh pribadi-pribadi (swasta), dan sebagian lagi (biasanya pada sektor-sektor yang menyangkut hajat hidup orang banyak seperti listrik, air minum, telekomunikasi, jalan, jembatan, serta taman-taman kota) dipegang oleh pemerintah.

2) Sebagian interaksi ekonomi terjadi di pasar. Akan tetapi, masih ada campur tangan pemerintah dengan berbagai kebijakannya. Misalnya untuk melindungi konsumen, pemerintah menggunakan kebijakan harga atas (ceiling price). Sedangkan untuk melindungi golongan produsen, pemerintah sering menggunakan kebijakan harga dasar (floor price). 

3) Persaingan diperbolehkan tetapi gerak-geriknya diawasi agar tidak sampai mengarah ke bentuk persaingan yang saling merugikan. Intinya, campur tangan pemerintah dimaksudkan untuk menyehatkan kehidupan ekonomi, mencegah terjadinya penumpukan atau konsentrasi ekonomi ke satu tangan (monopoli), serta mencegah dan mengatasi kalau terjadi krisis ekonomi. 

Dari uraian tersebut, jelas bahwa ciri yang paling menonjol dari sistem ekonomi campuran adalah adanya intervensi (campur tangan) pemerintah dalam perekonomian yang terintegrasi di pasar. Dalam sebuah perekonomian campuran, intervensi pemerintah tampil dalam kadar atau derajat yang berbeda-beda. Sistem ekonomi yang campur tangannya lemah berarti mendekati sistem ekonomi pasar, sedangkan yang kuat mendekati sistem ekonomi perencanaan (terpusat). Adanya campur tangan pemerintah menyebabkan adanya kekurangan dan kelebihan dalan sistem ekonomi campuran.

Kelebihan sistem ekonomi campuran antara lain adalah :
  • Adanya pengakuan terhadap hak-hak individu terhadap alat-alat dan faktor produksi meskipun ada pembatasan pada hal-hal tertentu.
  • Pemerintah memberikan kebebasan berusaha kepada setiap individu, dengan demikian maka setiap individu memiliki motivasi dan dorongan untuk berusaha menghasilkan keuntungan dengan menerapkan prinsip ekonomi.
  • Pemerintah megutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan individu sehingga baik untuk kesejahteraan rakyat.
  • Sumber daya ekonomi yang ada tidak bisa digunakan secara sewenang-wenang oleh pihak swasta.
  • Adanya jaminan kestabilan perekonomian.
  • Kekurangan sistem ekonomi campuran antara lain adalah :
  • Pemerintah memiliki beban lebih berat dalam perekonomian meskipun bisa terjun langsung ke dalam pasar.
  • Peran pihak swasta agak terbatas, sehingga dalam hal tertentu tidak bisa memaksimalkan penghasilan.
  • Pemerintah membuat peraturan-peraturan dan regulasi yang terkadang membatasi perkembangan kegiatan perekonomian.
  • Meskipun memiliki hak untuk melakukan kebijakan fiskal dan moneter untuk mengatasi inflasi, masalah pengangguran masih saja terjadi.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran


Seperti namanya, sistem ekonomi campuran merupakan campuran atau kombinasi dengan mencoba mengambil masing-masing sisi positif dari sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi  pasar. Meskipun demikian, tetap saja ada kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi campuran. Meskipun ada banyak negara yang menganut sistem ekonomi campuran, bukan berarti sistem ekonomi yang dijalankan di tiap negara tersebut sama antara negara yang satu dengan lainnya. Perbedaan terjadi karena tiap negara memiliki proporsi yang tidak sama dalam mengambil unsur baik dari sistem ekonomi terpusat maupun sistem ekonomi pasar. 

Oleh karena kekurangan dan kelebihan sistem ekonomi campuran, maka sistem ekonomi ini banyak dianut oleh negara-negara di dunia, termasuk Malaysia, Singapura dan Indonesia. Meskipun demikian, sistem ekonomi Indonesia kurang tepat jika disebut sistem campuran, mengapa? Karena merupakan sistem ekonomi yang khas yang berasal dari kepribadian bangsa Indonesia sendiri, yang dikenal dengan istilah Sistem Ekonomi Pancasila. Prof. Mubyarto mengatakan bahwa “sistem ekonomi Pancasila mencerminkan keseimbangan antara kepentingan umum dengan kepentingan individu”’

Loading...

Blog, Updated at: Februari 09, 2018

0 komentar:

Posting Komentar