Peran Rumah Tangga Keluarga dalam Kegiatan Ekonomi

Posted by Ekonomi Bisnis on Sabtu, 13 Januari 2018

Loading...

Loading...
Rumah tangga adalah pelaku ekonomi yang berperan sebagai konsumen, penyedia faktor produksi, produsen hingga distributor dalam kegiatan ekonomi. Oleh karena itu, peran rumah tangga keluarga dalam kegiatan perekonomian amat penting. Tentu kita akan bertanya-tanya, dalam kondisi apa sebuah rumah tangga atau keluarga bisa memainkan peran sebagai pelaku ekonomi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai peran rumah tangga keluarga sebagai pelaku ekonomi.

Sebagai konsumen


Rumah tangga biasanya merupakan satu keluarga yang terdiri dari beberapa orang anggota. Untuk menjalani kehidupannya, maka rumah tangga tentu memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Untuk memenuhi macam-macam kebutuhan itu, maka rumah tangga melakukan kegiatan konsumsi dan berperan sebagai konsumen. Contoh peran rumah tangga sebagai konsumen dilakukan dalam bentuk belanja barang pokok, membeli mobil, menyewa jasa pembantu, pergi liburan, dan lain-lain.

Sebagai produsen


Rumah tangga keluarga tidak hanya bisa berperan sebagai konsumen. Terkadang juga berperan sebagai produsen. Dalam hal ini, maka rumah tangga tentu menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh orang-orang. Contoh rumah tangga yang berperan sebagai produsen dalam kegiatan ekonomi adalah penjahit rumahan, penjual kue dan jajanan, petani yang menggarap sawahnya sendiri, dan lain-lain sebagainya. 

Dengan berperan sebagai produsen, maka rumah tangga bisa berperan sebagai produsen dan konsumen pada saat yang bersamaan. Seorang nelayan tidak perlu membelanjakan uangnya untuk membeli ikan di pasar karena ia bisa mendapatkan ikan untuk keluarganya dengan melaut.

Sebagai penyedia faktor produksi


Sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan begitu saja tanpa adanya tenaga kerja, modal, hingga lahan sebagai tempat berusaha. Tenaga kerja adalah salah satu dari berbagai macam faktor produksi yang dibutuhkan perusahaan.   Tenaga kerja tentu didapatkan dari rumah tangga atau keluarga yang memiliki kemampuan dan keahlian sebagai pekerja. Rumah tangga keluarga menyediakan tenaga kerja yang nantinya akan menghasilkan gaji untuk kemudian digunakan dalam kegiatan konsumsi demi memenuhi kebutuhan hidup.

Oleh karena itu, maka tenaga kerja dan perusahaan memiliki hubungan yang saling membutuhkan. Tenaga kerja membutuhkan pekerjaan yang disediakan perusahaan untuk menghidupi rumah tangga dan keluarganya, sedangkan perusahaan membutuhkan tenaga kerja untuk membantu kegiatan produksi mereka. Rumah tangga keluarga yang berasal dari keluarga kaya, biasanya berperan sebagai investor dan pemberi modal bagi perusahaan. Rumah tangga keluarga secara tidak langsung membantu peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi.

Sebagai distributor

Kegiatan distribusi adalah kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Terkadang, rumah tangga keluarga berperan langsung sebagai distributor barang dan jasa, apalagi di era ekonomi digital seperti sekarang ini. Cara rumah tangga berperan sebagai distributor adalah dengan membuka toko atau usaha rumahan yang menjual kebutuhan rumah tangga. Bisa juga dilakukan dengan membuka toko online, dan lain-lain sebagainya. 

Peran Rumah Tangga Keluarga dalam Kegiatan Ekonomi


Berdasarkan penjelasan di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa peran rumah tangga keluarga dalam kegiatan  perekonomian sangat penting. Tanpa adanya rumah tangga keluarga, maka kegiatan ekonomi bisa terputus karena tidak adanya permintaan.

Loading...

Blog, Updated at: Januari 13, 2018

0 komentar:

Posting Komentar