Peran Perusahaan dalam Kegiatan Ekonomi

Posted by Ekonomi Bisnis on Sabtu, 13 Januari 2018

Loading...

Loading...
Perusahaan adalah sebuah badan usaha, baik milik pemerintah maupun milik swasta yang menghasilkan barang dan jasa dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Perusahaan adalah salah satu pelaku ekonomi yang berperan dalam kegiatan ekonomi. Peran perusahaan dalam perkeonomian tidak sebatas menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan berperan besar dalam membuka lapangan pekerjaan sehingga berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan. Berikut ini penjelasan mengenai peran perusahaan sebagai pelaku ekonomi dalam kegiatan perekonomian.

Sebagai produsen barang dan jasa


Semua perusahaan pastilah menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Produk berupa barang dihasilkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang industri, agraris, maupun ekstraktif. Sedangkan perusahaan perdagangan dan jasa menghasilkan produk berupa jasa. Sebagai produsen, maka produk yang dihasilkan perusahaan haruslah bermanfaat dan berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh peran perusahaan sebagai produsen barang dan jasa adalah ketika perusahaan industri menghasilkan mobil, perusahaan agraris menghasilkan padi dan gandum, perusahaan ekstraktif menghasilkan batu bara hingga berlian. Sedangkan perusahaan jasa dan perdagangan seperti perusahaan asuransi dan marketplace online menyediakan jasa asuransi dan jasa perdagangan daring.

Sebagai pengguna faktor produksi


Untuk menjalankan sebuah perusahaan, maka dibutuhkan tempat, pekerja, hingga modal dalam bentuk uang. Perusahaan membutuhkan faktor-faktor produksi tersebut. Faktor produksi tenaga kerja bisa diperoleh dari rumah tangga keluarga yang membutuhkan penghasilan. Sedangkan faktor produksi modal diperoleh dari investor. Perusahaan akan memanfaatkan dan menggunakan faktor produksi dengan sebaik-baiknya sehingga menghasilkan barang dan jasa yang betul-betul bermutu dan diinginkan masyarakat.

Sebagai distributor barang dan jasa


Perusahaan perlu melakukan kegiatan distribusi agar barang dan jasa yang mereka hasilkan bisa sampai dan digunakan oleh konsumen. Kegiatan distribusi bisa menggunakan jasa distributor, maupun bisa  dilakukan langsung oleh perusahaan yang bersangkutan. cara perusahaan menjalankan peran sebagai distributor adalah dengan membuka cabang perusahaan, melakukan promosi, memiliki armada sebagai pengangkut, hingga melakukan perdagangan langsung.

Sebagai agen pembangunan


Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi sebagai agen pembangunan berarti perusahaan juga berperan membantu pemerintah dalam melaksanakan kegiatan pembangunan. Perusahaan menyerap tenaga kerja yang membantu mengurangi jumlah pengangguran. Perusahaan turut serta melakukan pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, memberikan beasissiwa, hingga memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk kepentingan masyarakat banyak.

Peran Perusahaan dalam Kegiatan Ekonomi


Keberadaan perusahaan dalam suatu negara begitu penting dalam pembangunan nasional. Perusahaan tidak hanya menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan juga memiliki tanggung jawab moral untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Oleh karena itulah, maka peran perusahaan sebagai pelaku ekonomi sangat penting dalam kegiatan perekonomian.

Loading...

Blog, Updated at: Januari 13, 2018

0 komentar:

Posting Komentar