Peran Pemerintah sebagai Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Perekonomian

Posted by Ekonomi Bisnis on Minggu, 14 Januari 2018

Dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, pemerintah memiliki peran penting dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satunya adalah di bidang ekonomi. Di bidang ekonomi, pemerintah memiliki peran sebagai produsen, sebagai konsumen dan sebagai regulator atau pembuat peraturan dan penentu kebijakan perekonomian. Dalam menjalankan perannya dalam kegiatan perekonomian, pemerintah memiliki lembaga-lembaga dan perusahaan yang mewakili peran pemerintah di bidang ekonomi. Lembaga atau perusahaan yang mewakili pemerintah tersebut antara lain adalah PLN, Pertamina, PDAM, Bank Indonesia, maupun badan-badan usaha milik negara lainnya. Berikut ini penjelasan mengenai peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi.

Peran pemerintah sebagai regulator


Pemerintah memiliki tanggung jawab besar dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa dan negara. oleh karena itu, maka pemerintah melalui lembaga-lembaga negara berperan untuk mengambil kebijakan-kebijakan strategis di bidang ekonomi yang berpengaruh untuk perekonomian negara. Pemerintah mengeluarkan kebijakan fiskal dan moneter, kebijakan produksi dan ketenagakerjaan, hingga kebijakan ekonomi luar negeri. Pemerintah berperan sebagai regulator dan pengatur perekonomian agar tidak terjadi tumpang tindih dan persaingan tidak sehat. Untuk menjalankan tugasnya sebagai regulator, maka pemerintah mengeluarkan berbagai aturan perundang-undangan untuk melindungi setiap pelaku ekonomi. Salah satunya adalah Undang-Undang Perlindungan Konsumen

Peran pemerintah sebagai produsen


Sebagai produsen, artinya pemerintah berperan untuk menghasilkan produk barang dan jasa yang bermanfaat bagi rakyat. Pemerintah melalui badan usaha, baik milik negara maupun  daerah memberikan pelayanan dan menghasilkan barang dan jasa demi kesejahteraan masyarakat. Contoh produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh pemerintah adalah listrik yang dihasilkan PLN, air yang diberikan melalui jasa PDAM, jasa transportasi dari PT KAI, pemberian asauransi kesehatan dan pendidikan, dan lain-lain sebagainya.

Peran pemerintah sebagai konsumen


Dalam menjalankan kewajibannya untuk melindungi dan menyejahterakan rakyat, tentu saja pemerintah memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Melalui lembaga-lembaga negara yang berkantor di pusat maupun daerah, pemerintah akan menjalankan berbagai kegiatan yang membutuhkan barang dan jasa. Mulai dari jasa alat tulis, komputer, hingga membutuhkan semen dan pasir untuk membangun gedung. Pemerintah juga membutuhkan jasa arsitek dan tukang untuk membangun kantor. Dalam kegiatan kunjungan  dan studi banding ke luar negeri, tentu saja pemerintah harus menggunakan jasa transportasi. 

Peran pemerintah sebagai distributor


Sebagai pelaku ekonomi, pemerintah juga berperan sebagai distributor langsung barang dan jasa yang mereka hasilkan. Pemerintah berkewajiban untuk memberikan pelayanan yang sama kepada seluruh wilayah sehingga menciptakan pemerataan pembangunan. Dalam menjalankan perannya sebagai distributor, maka pemerintah melalui BUMN maupun BUMD akan menyalurkan jasa yang diproduksi langsung kepada rakyat. Contoh peran pemerintah sebagai distributor dalam kegiatan ekonomi adalah dengan mengaliri seluruh daerah dengan listrik melalui PT PLN. Melalui BULOG, pemerintah menyalurkan barang pokok kepada masyarakat dengan mudah dan cepat.

Peran Pemerintah sebagai Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Perekonomian


Peran pemerintah sebagai pelaku ekonomi memang sangat besar. Pemerintah adalah pihak yang dianggap bertanggung jawab jika suatu daerah mengalami kekurangan dan kelangkaan barang dan jasa. Pemerintah dianggap bertanggung jawab ketika harga barang melambung tinggi dan menyebabkan terjadinya pengangguran. Oleh karena itu, maka pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang berpengaruh pada kondisi perekonomian negara.

baca juga :

Blog, Updated at: Januari 14, 2018

0 komentar:

Posting Komentar