Peran Masyarakat Luar Negeri dalam Kegiatan Ekonomi

Posted by Ekonomi Bisnis on Minggu, 14 Januari 2018

Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan yang tidak ada di negaranya, maka dibutuhkan peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan perekonomian. Suatu negara akan melakukan kegiatan perdagangan internasional antarnegara dengan negara lainnya demi mencukupi kebutuhan dalam negeri. Negara-negara kecil seperti Singapura membutuhkan minyak dari negara Timur Tengah, sedangkan negara Timur Tengah membutuhkan jasa keuangan yang ada di negara kecil yang bukan penghasil minyak seperti Singapura dan Swiss. Oleh karena itu, maka di era modern dan globalisasi, peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonomi sangat penting. Yang dimaksud dengan masyarakat luar negeri adalah negara maupun individu dari negara lain. Berikut beberapa peran masyarakat luar negeri sebagai pelaku ekonomi.

Sebagai investor

Dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang, pemerintah membutuhkan investor asing. Begitu pula dalam pengembangan bisnis perusahaan. Investor sangat dibutuhkan untuk memberikan dana segar agar sebuah proyek bisa berjalan. Investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia tentu saja mendapatkan keuntungan melalui investasi yang dilakukannya. Baru-baru ini, Alibaba, sebuah marketplace online terbesar di China baru saja melakukan investasi di Indonesia dengan menyuntikkan dana besar kepada Tokopedia, marketplace terbesar di Indonesia saat ini.

Sebagai konsumen

Masyarakat luar negeri tidak bisa hanya mengandalkan produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan mereka. Oleh karena itu, maka masyarakat luar negeri berperan sebagai konsumen. Negara-negara yang tidak memiliki laut akan mengimpor ikan dari negara penghasil ikan seperti Jepang, Indonesia, dan Norwegia. Sementara itu, negara-negara kecil yang tidak memiliki sumber daya penghasil minyak akan melakukan kegiatan konsumsi dengan mengimpor minyak dari negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Kuwait dan Qatar.

Sebagai produsen

Masyarakat luar negeri menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh negara lainnya. Oleh karena itu, maka masyarakat luar negeri juga berperan sebagai produsen dalam kegiatan ekonomi. Negara agraris seperti Indonesia akan membutuhkan negara industri seperti Jepang untuk mendatangkan sepeda motor dan mobil. Sementara itu, kita juga membutuhkan jasa dari Bank Swiss untuk menyimpan asset. Negara-negara kecil seperti Singapura akan menggantungkan kebutuhan pangannya kepada negara-negara agraris di sekitarnya.

Pemberi bantuan

Masyarakat luar negeri tidak hanya melakukan investasi untuk mengharapkan balasan. Terkadang masyarakat luar negeri juga memberikan bantuan secara cuma-cuma kepada negara lain tanpa mengharapkan imbalan. Misalnya untuk tujuan kemanusiaan. Tidak sedikit dana yang diberikan oleh suatu negara kepada negara lain yang dilanda konflik maupun bencana alam.

Sebagai eksportir dan importir faktor-faktor produksi

Masyarakat luar negeri berperan besar sebagai eksportir dan importir faktor-faktor produksi. Faktor produksi yang menjadi objek ekspor impor antara lain adalah bahan mentah dan tenaga kerja. Negara timur tengah banyak membutuhkan tenaga kerja asal Indonesia. Begitu pula Indonesia membutuhkan tenaga kerja asing dalam menyelesaikan proyek-proyek tertentu yang membutuhkan keahlian khusus. Faktor produksi alam dan faktor produksi tenaga kerja sangat penting dalam kegiatan ekonomi sehingga peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekspor impor faktor produksi adalah hal yang tidak akan bisa dihindari.

Mitra kerja sama ekonomi

Setiap negara maupun masyarakat akan membutuhkan mitra kerja sama ekonomi. Oleh karena itu, maka salah satu peran masyarakat luar negeri adalah sebagai mitra untuk memajukan perekonomian. Kerja sama dilakukan dalam berbagai bidang, baik produksi maupun membentuk organisasi yang mampu mewadahi kepentingan ekonomi negara-negara anggota.

Peran Masyarakat Luar Negeri dalam Kegiatan Ekonomi


Perdagangan internasional adalah salah satu dampak hubungan saling ketergantungan umat manusia. Dalam perdagangan internasional, peran masyarakat luar negeri sebagai pelaku ekonomi sangat penting dalam kegiatan perekonomian. Meskipun demikian, terkadang ada hambatan yang dihadapi para pihak dalam pelaksanaannya. 
baca juga :

Blog, Updated at: Januari 14, 2018

0 komentar:

Posting Komentar