Pengertian Pengangguran Konjungtural dan Contoh Penganguran Konjungtural

Posted by Ekonomi Bisnis on Rabu, 24 Januari 2018

Loading...

Loading...
Pengertian pengangguran secara umum berbeda dengan pengertian pengangguran dalam ilmu ekonomi. Oleh karena itu, kita mengenal berbagai jenis pengangguran, salah satunya adalah pengangguran konjungtural. Secara umum, pengangguran adalah orang yang tidak bekerja ataupun tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Pengangguran dianggap tidak memiliki kemampuan untuk memperoleh penghasilan dan pendapatan. Dalam ilmu ekonomi, pengangguran dibedakan menjadi banyak jenis, antara lain adalah pengangguran musiman, pengangguran terbuka, pengangguran voluntary dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian dan contoh pengangguran konjungtural.

Pengangguran konjungtural adalah pengangguran yang terjadi karena adanya perubahan dalam kehidupan perekonomian. Perekonomian memang tidak stabil, ketika sedang masa-masa kemajuan, perusahaan akan mempekerjakan banyak orang untuk meningkatkan produksi. Akan tetapi, ketika terjadi masa resesi atau kemunduran, maka perusahaan terpaksa mengurangi jumlah pekerja untuk mengatasi kerugian yang lebih banyak. Pada saat itulah, perusahaan akan mengeluarkan surat Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK kepada para pekerjanya. Pekerja yang terkena PHK inilah yang disebut dengan pengangguran konjungtural. Dampak pengangguran konjungtural adalah menurunnya tingkat produksi.

Pengangguran konjungtural biasa juga disebut dengan pengangguran siklis. Nasib penganguran konjungtural sangat dipengaruhi oleh ketidakstabilan ekonomi dan daya beli masyarakat. Pengangguran konjungtural memiliki potensi dan skil untuk bekerja, hanya saja karena desakan kuat dari perekonomian, maka penganguran struktural terpaksa kehilangan pekerjaan. Para pekerja yang terkena PHK adalah contoh pengangguran konjungtural paling umum. Mereka memiliki keinginan untuk bekerja, memiliki skil, hanya saja lapangan pekerjaan yang ada tidak mampu untuk menampung seluruh pengangguran konjungtural tersebut.

Oleh karena itu, maka untuk mengatasi dan mengurangi jumlah pengangguran konjungtural, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah, diantaranya adalah meningkatkan perekonomian masyarat, meningkatkan jumlah proyek dan investasi, serta merancang promosi yang baik sehingga masyarakat lebih tertarik memenuhi kebutuhan dengan produk tersebut.

Pengertian Pengangguran Konjungtural dan Contoh Penganguran Konjungtural


Dengan meningkatkan perekonomian masyarakat, maka daya beli masyarakat akan meningkat sehingga perusahaan akan membutuhkan tambahan pekerja dan akan kembali menyerap para pengangguran konjungtural. Dengan bertambahnya jumlah proyek dan investasi, maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang dibuka, dengan demikian pengangguran akan kembali terserap ke dalam lapangan kerja.


Loading...

Blog, Updated at: Januari 24, 2018

0 komentar:

Posting Komentar