Pengertian dan Jenis-Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) serta Contoh LKBB dan Fungsi LKBB

Posted by Ekonomi Bisnis on Senin, 01 Januari 2018

Lembaga Keuangan Bukan Bank atau LKBB adalah lembaga-lembaga yang memiliki fungsi dan peran serupa dengan bank. Sebagaimana bank, lembaga keuangan bukan bank juga berfungsi sebagai pengumpul dan penyalur dana dari dan ke masyarakat, maksudnya adalah untuk menunjang pengembangan pasar uang dan pasar modal serta membantu permodalan perusahaan-perusahaan. Perbedaan dengan bank adalah lembaga keuangan bukan bank dilarang untuk menerima dana dari masyarakat berupa giro, tabungan dan deposito. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian lembaga keuangan bukan bank atau lkbb, jenis-jenis LKBB, tujuan pendirian LKBB, contoh LKBB, manfaat LKBB, dan fungsi LKBB.

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank


Pengertian LKBB secara umum adalah badan atau organisasi non bank yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat, kemudian menyalurkannya kembali kepada masyarakat.  Pengertian lembaga keuangan bukan bank menurut Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. KEP-38/MK/IV/1972,  menyatakan bahwa lembaga keuangan bukan bank (LKBB) adalah semua lembaga (badan) yang melakukan kegiatan dalam bidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga, kemudian menyalurkan kepada masyarakat terutama untuk membiayai investasi perusahaan-perusahaan.

LKBB didirikan atas dasar Surat Keputusan Menteri Keuangan No. KEP-792/MK/IV/12/1970 tanggal 7 Desember 19670 tentang Lembaga Keuangan, yang telah diubah dan ditambah terakhir dengan Keputusan Menteri Keuangan No. 562/KMK.011/1982 tanggal 1 September 1982 tentang Perubahan dan Tambahan Surat Keputusan Menteri Keuangan No. KEP-38/MK/IV/1972 tanggal 18 Januari 1972. 

pengertian dan jenis lembaga keuangan bukan bank (LKBB)

Tujuan Pendirian Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

Adapun maksud pendirian LKBB antara lain sebagai berikut. 
  • Untuk  memberikan pembiayaan dalam bentuk  pinjaman jangka panjang dan menengah. 
  • Untuk penyertaan saham pada perusahaan-perusahaan. 
  • Untuk merangsang penyertaan modal swasta dan memperluas sumber-sumber pembiayaan bagi kegiatan dunia usaha. 
  • Sebagai penggerak, perantara atau penanggung setiap pengeluaran dan penukaran saham-saham, surat-surat utang, obligasi dan surat berharga lainnya. 
  • Sebagai salah satu lembaga penunjang pasar uang dan pasar modal. 


Jenis-Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank


Secara umum, berikut ini adalah beberapa macam contoh lembaga keuangan bukan bank atau LKBB :

Koperasi simpan pinjam, merupakan jenis lembaga keuangan bukan bank yang menghimpun dana dari anggotanya untuk kemudian menyalurkannya kembali kepada para anggotanya atau masyarakat. Koperasi simpan pinjam biasanya diandalkan untuk meminjam uang bagi para anggotanya.

Leasing atau perusahaan sewa guna usaha yaitu lembaga keuangan bukan bank yang kegiatannya adalah menyediakan barang modal kepada perusahaan atau individu yang belum mampu untuk membayar sendiri. Kemudian orang atau perusahaan yang menggunakan jasa leasing akan membayar cicilan kepada perusahaan leasing sebesar harga barang modal yang diperjanjikan termasuk bunganya.

Perusahaan asuransi adalah jenis lembaga keuangan bukan bank yang kegiatannya adalah menghimpun dana melalui penarikan premi dengan menjanjikan akan memberi sejumlah uang sebagai ganti rugi kepada pihak yang membayar premi apabila terjadi suatu peristiwa yang merugikan pembayar premi  tersebut.

Perum Pegadaian adalah jenis LKBB yang berperan membiayai kebutuhan masyarakat baik untuk kegiatan produksi maupun konsumsi dengan berdasarkan pada hukum gadai. Masyarakat akan menggadaikan barang berharga miliknya, kemudian mendapatkan dana dari pegadaian. Dalam jangka waktu tertentu masyarakat harus membayar untuk bisa mendapatkan kembali barang yang mereka gadaikan.

Dana pensiun adalah jenis LKBB yang menghimpun dana dari masyarakat dengan cara memotong gaji karyawan untuk kemudian disalurkan kembali ketika pegawai atau karyawan tersebut telah pensiun. 

Bursa efek, merupakan jenis lembaga keuangan bukan bank yang menjadi tempat pertemuan antara investor dan pencari modal.

Perusahaan anjak piutang adalah perusahaan yang kegiatannya melakukan penagihan atau pembelian, atau pngambilalihan atau pengelolaan hutang piutang suatu perusahaan dengan imbalan atau pembayaran tertentu milik perusahaan.

Pasar modal, adalah jenis LKBB merupakan pasar tempat pertemuan dan melakukan transaksi antara pencari dana dengan para penanam modal, dengan instrumen utama saham dan obligasi. 

Perusahaan modal ventura yaitu perusahaan yang berperan memberikan modal kepada perusahaan yang kegiatannya beresiko tinggi tetapi membutuhkan modal besar untuk membangun hal yang berguna bagi masyarakat.

Menurut jenisnya, lembaga keuangan bukan bank dapat dibedakan sebagai berikut :
  • Lembaga pembiayaan pembangunan (Development Finance Corporation – DFC), yaitu lembaga yang usahanya memberikan kredit jangka menengah dan panjang. Contohnya PT Bahana (PT Pembinaan Usaha Indonesia) 
  • Lembaga perantara penerbitan dan perdagangan surat-surat berharga (Investment Finance Corporation – IFC). Contoh dari lembaga ini adalah sebagai berikut. - PT Indovest (Indonesia Investment International) - PT  Mericorp (Merchant Investment Corporation) - PT Fiicorinvest (Fist Indonesia Finance and Investment Corporation) - PT MIFC (Mutual International Finance Corporation) - PT ASEAN (Asian and Euro – American Capital) - PT IFI (Indonesia Financing and Investment Corporation) - PT Inter Pacific (Inter Pasific Financial Corporation) - PT Multicor (Multinational Finance Corporation) 
  • Lembaga penjamin kredit adalah lembaga yang membantu kegiatan perkreditan, khususnya membantu kelancaran dan pengamanan perkreditan, baik kredit perbankan maupun kredit lainnya di luar perbankan, terutama untuk bidang usaha kecil dan menengah. Contohnya PT Askrindo (Asuransi Kredit Indonesia).


Manfaat Lembaga Keuangan bukan Bank


Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan dengan adanya LKBB :
  • Masyarakat bisa mendapatkan dana dengan adanya pegadaian tanpa harus kehilangan barang berharga karena bisa ditebus kembali.
  • Koperasi simpan pinjam memberikan manfaat besar kepada para anggotanya.
  • Lembaga penyedia dana pensiun menjadi lembaga yang sangat diandalkan para pegawai dan karyawan di hari tua mereka.
  • Perusahaan asuransi memberikan jaminan risiko kepada pengguna jasanya.
  • Pasar modal dan bursa efek menjadi sarana bertemunya investor dan pencari modal sehingga membangun perkembangan dunia.
  • Perusahaan modal ventura bermanfaat bagi perusahaan yang kesulitan modal tetapi memiliki tujuan memajukan kehidupan banyak orang.


Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank


Lembaga keuangan bukan bank memiliki fungsi dan peran dalam kegiatan perekonomian. Adanya lembaga keuangan bukan bank akan sangat membantu bagi masyarakat yang sekedar membutuhkan uang untuk konsumsi hingga untuk perusahaan yang ingin membangun bisnis besar yang bisa mengembangkan kehidupan manusia. Adanya lembaga keuangan bukan bank sebagai penyalur dana kepada masyarakat sangat dibutuhkan karena memberikan bunga dalam jumlah kecil, berbeda dengan bank yang memberikan pinjaman dengan jumlah besar.

Blog, Updated at: Januari 01, 2018

0 komentar:

Posting Komentar