Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Produksi, Konsumsi dan Distribusi

Posted by Ekonomi Bisnis on Jumat, 26 Januari 2018

Loading...

Loading...
Prinsip ekonomi adalah prinsip dasar yang bisa diterapkan dalam tiga kegiatan ekonomi, yaitu kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. Kelangkaan barang dan jasa serta banyaknya faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia mendorong kita untuk menerapkan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, prinsip ekonomi adalah tindakan dasar manusia untuk memperoleh kebutuhan dengan pengorbanan sekecil-kecilnya. Bagaimana contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi ? apa manfaat prinsip-prinsip ekonomi tersebut ? 

Dengan adanya prinsip ekonomi, maka seorang individu bisa mengukur seberapa besar kebutuhan dan seberapa besar kemampuan yang dimilikinya untuk memenuhi kebutuhan itu. Prinsip ekonomi bisa diterapkan dalam segala bidang kehidupan manusia. Dengan perngorbanan sekecil-kecilnya dan mendapatkan untung sebesar-besarnya.

Prinsip ekonomi sesungguhnya sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun ada kalanya kita mengabaikan prinsip ini dan menjadi pribadi yang boros. Terkadang ada juga yang terlalu fanatik menerapkan prinsip ekonomi akhirnya ia menjadi pelit, bahkan untuk kebaikan dirinya sendiri.

Beberapa tujuan dari penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari adalah mendapatkan keungtungan yang banyak dengan pengorbanan kecil, mengurangi risiko kerugian dengan hanya mengeluarkan modal kecil, mencegah terjadinya sikap boros dan berlebihan, serta mendorong individu untuk memaksimalkan potensi yang dimilikinya untuk mencapai efektivitas dalam segala hal.

Dengan adanya prinsip ekonomi, maka seorang individu bisa bersikap lebih rasional dalam melakukan pengeluaran serta tidak mengikuti hawa nafsu. Prinsip ekonomi mendorong manusia untuk lebih berhemat, memeprhitungkan pengeluaran secara matang, sehingga tidak menghabiskan sumber daya ekonomi untuk hal yang sia-sia. 

Prinsip ekonomi akan membuat manusia selalu berpikir untuk bertindak, apakah langkah yang diambil sudah baik dan memenuhi kebutuhan, serta memiliki manfaat besar. Prinsip ekonomi membawa manusia untuk memikirkan skala prioritas kebutuhan, menentukan mana kebutuhan yang perlu dan mana yang belum perlu untuk dipenuhi.

Berikut  ini adalah contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi.

Prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi


Prinsip ekonomi mengajarkan kita untuk memperoleh pendapatan yang sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya. Kegiatan produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk melakukan kegiatan produksi, maka perusahaan melakukan pengorbanan dan dibutuhkan faktor-faktor produksi berupa bahan baku, tenaga kerja, modal, serta kewirausahaan. Oleh karena itu, penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi berupa :
  • Hanya memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Tidak perlu pusing memilkirkan hal yang tidak dibutuhkan.
  • Menjual harga barang yang dihasilkan dengan harga yang sesuai untuk menghasilkan keuntungan, semakin besar semakin baik, dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat.
  • Melakukan kegiatan produksi dengan mengandalkan bahan baku yang betul-betul berkualitas namun dengan harga yang murah.
  • Merekrut tenaga kerja yang terampil yang bisa menghasilkan barang dan jasa yang diinginkan perusahaan dan dibutuhkan konsumen.
  • Menggunakan mesim-mesin produksi yang bisa menghasilkan banyak barang dalam waktu singkat tetapi dengan biaya murah.
  • Menggunakan seluruh sumber daya modal, tenaga dan waktu dengan efisien.
  • Melakukan kegiatan produksi di daerah yang dekat dengan bahan baku.


Prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi


Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menggunakan dan mengurangi nilai barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Konsumen memiliki motif ekonomi dalam kegiatan konsumsi, namun demikian, perlu prinsip ekonomi untuk menjaga kestabilan. Berdasarkan prinsip ekonomi, maka sudah seharusnya konsumen mengeluarkan modal kecil untuk mendapatkan barang yang bisa memenuhi kebutuhan yang mereka inginkan. Berikut ini contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi :
  • Membuat skala prioritas kebutuhan untuk menentukan mana kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini dan mana kebutuhan yang bisa dipenuhi di masa akan datang.
  • Berusaha untuk menyisihkan tabungan untuk masa depan, bukan hanya menghabiskan uang untuk konsumsi.
  • Membeli barang berdasarkan kualitas, karena percuma membeli barang mahal jika akhirnya cepat rusak dan tidak bermanfaat lagi.
  • Memilih barang dengan sakasama sebelum melakukan pembelian karena bisa saja barang yang dibeli cacat dan tidak memenuhi rasa kepuasan manusia.
  • Melakukan tawar menawar dalam kegiatan jual beli untuk melakukan pengorbanan sekecil mungkin demi memenuhi kebutuhan.
  • Mengendalikan pengeluaran dan mengeluarkan uang dengan bijak, sesuai dengan pendapatan, jangan sampai lebih besar pasak dari pada tiang.

Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Produksi, Konsumsi dan Distribusi

Prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi


Dalam kegiatan distribusi, seorang distributor perlu pula untuk menerapkan prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusinya. Kegiatan distribusi adalah kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Distributor wajib untuk menyediakan barang dan memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal sehingga bisa memperoleh keuntungan sebesar mungkin. Contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi adalah :
  • Melakukan penjualan di daerah yang strategis dan banyak dilalui oleh para konsumen pencari kebutuhan.
  • Menggunakan sarana distibusi yang berharga semurah mungkin.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen sehingga terjadi hubungan harmonis dan konsumen akan menjadi pelanggan tetap.
  • Mencari produsen yang tepat, yang menghasilkan barang berkualitas yang dibutuhkan konsumen.
  • Menyalurkan barang tepat waktu kepada konsumen.
  • Menyediakan barang dan jasa yang memang dibutuhkan konsumen dan banyak dicari.

Dengan penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi, distribusi dan konsumsi, maka semua pihak bisa melakukan pengorbanan yang menguntungkan bagi semua orang. Produsen akan menghasilkan barang dan jasa berkualitas dan dibutuhkan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Sementara itu distributor akan mendapatkan keuntungan dalam penyaluran barang tersbeut. Dengan penerapan prinsip ekonomi, maka kerusakan alam karena keserakahan manusia bisa teratasi.

Loading...

Blog, Updated at: Januari 26, 2018

1 komentar: