Masalah yang Dihadapi Pemerintah dalam Bidang Ekonomi

Posted by Ekonomi Bisnis on Selasa, 02 Januari 2018

Masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi bukan hanya masalah ekonomi dalam aliran klasik dan modern. Masalah pemerintah di bidang ekonomi mencakup ruang lingkup yang sangat luas. Dalam kehidupan sehari-hari, kita hanya mengalami masalah ekonomi dalam skala kecil, seperti kelangkaan barang dan jasa, harga barang yang agak naik, dan lain-lain. Berbeda dengan pemerintah yang memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah pengangguran, inflasi, kemiskinan, keseimbangan neraca pembayaran, hingga besarnya utang luar negeri yang harus ditanggung negeri ini. Berikut ini adalah beberapa masalah pemerintah di bidang ekonomi yang perlu mendapatkan perhatian serius.

Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi diperngaruhi oleh besarnya tingkat produksi dalam negeri, baik berupa barang maupun jasa. Pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu indicator penting untuk menunjukkan maju tidaknya perekonomian suatu negara.  salah satu tolak ukur untuk melihat pertumbuhan ekonomi adalah dengan membandingkan produk domestik bruto (PDB) tahun ini dengan tahun sebelumnya.

Masalah penganguran

Angka pengangguran di Indonesia terbilang cukup tinggi. Bahkan, penduduk yang berpendidikan tinggi tidak memiliki jaminan akan mendapatkan pekerjaan. Tingginya angka pengangguran di Indonesia disebabkan karena kurangnya lapangan pekerjaan dan kurangnya minat generasi muda untuk menciptakan lapangan kerja yang bisa menyerap banyak tenaga. Masalah pengangguran harus diatasi mengingat bangsa kita memiliki generasi mudah yang sangat banyak dan potensial.

Masalah inflasi

Inflasi yang terus terjadi akan memberikan dampak buruk pada kegiatan perekonomian. Harga barang akan terus naik sementara gaji tetap di tempat. Akibatnya, daya beli masyarakat akan berkurang dan puncaknya akan menyebabkan lesunya kegiatan perekonomian. Oleh karena itu, pemerintah bersama-sama dengan Bank Indonesia berusaha mengeluarkan kebijakan fiskal dan moneter untuk mencegah naiknya angka inflasi.

Defisit pada neraca pembayaran

Angka impor yang terlalu tinggi dibandingkan angka ekspor akan menyebabkan negara mengalami defisit dalam neraca pembayaran. Ada banyak faktor penyebab defisit dalam neraca pembarayan, diantaranya adalah kegiatan ekspor dan  impor serta pembayaran dan penerimaan dari luar negeri. Untuk mengatasi hal ini, maka pemerintah perlu mengurangi impor dan meningkatkan ekpor barang ke luar negeri. 

baca juga :

Ketidakstabilan kegiatan ekonomi

Kegiatan perekonomian suatu negara pada dasarnya selalu fluktuatif atau tidak stabil, bahkan negara kaya pun bisa mengalami krisis ekonomi. Kestabilan ekonomi dipengaruhi banyak hal. Ketika perusahaan-perusahaan mengalami perkembangan pesat, maka pada saat itu kegiatan ekonomi bergerak ke arah yang baik sedangkan ketika penganguran meningkat dan inflasi terus naik, maka perekonomian sedang mengalami kemunduran.

Kemiskinan dan rendahnya pendapatan masyarakat

Masih banyak penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kurangnya pendidikan menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya kesempatan kerja yang pada akhirnya menyebabkan masyarakat hidup dalam kemiskinan karena tidak memiliki pekerjaan. Masalah kemiskinan adalah masalah yang sangat menggerogoti perekonomian. Oleh karena itu, sudah sepatutnya pemerintah berjuang sekeras mungkin demi meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat.

Pembangunan yang tidak merata

Jika Anda pernah mengunjungi daerah terpencil, maka disitulah Anda bisa melihat bagaimana ketimpangan pembangunan. Pembangunan yang tidak merata dapat dirasakan pada semua sektor, seperti jalan raya, jembatan, rumah sakit, sekolah, dan bidang-bidang lain yang sangat penting sebagai tolak ukur perkembangan kemajuan perekonomian.

Kurangnya lapangan pekerjaan

Kurangnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu kendala yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi. Bagaimana mungkin kita bisa menghilangkan kemiskinan jika pengangguran ada di mana-mana? Pertanyaan ini harus dijadikan sebagai tantangan, terutama bagi kita generasi muda untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan berbisnis sehingga selain lebih sejahtera secara ekonomi, kita juga bisa menurangi beban pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran yang terlampau tinggi.

Masalah yang Dihadapi Pemerintah dalam Bidang Ekonomi

Ketergantungan terhadap impor dan utang luar negeri

Negara kita masih memiliki ketergantungan pada utang luar negeri dan impor dari luar negeri. Kita harus mengimpor beras dari Thailand dan Vietnam, padahal kita memiliki wilayah yang sangat luas. Kita juga pernah harus mengimpor garam, sementara di sisi lain negara kita adalah negara maritim yang memiliki wilayah laut sangat luas. Tentu saja masalah utang dan impor dari luar negeri ini harus dibatasi. Pemerintah harus mulai meningkatkan perekonomian dalam negeri untuk meningkatkan kesejahteraan kita semua.

Banyak rakyat yang protes, mengapa kemisikinan dan masalah-masalah pemerintah di bidang ekonomi belum bisa terselesaikan. Padahal, masalah itu sebenarnya bukan hanya masalah pemerintah. Sebagai masyarakat, kita perlu turut serta untuk mengatasi berbagai masalah di bidang ekonomi tersebut.

Blog, Updated at: Januari 02, 2018

0 komentar:

Posting Komentar