Macam-Macam Motif Ekonomi dan Tujuan Motif Ekonomi serta Contohnya

Posted by Ekonomi Bisnis on Jumat, 26 Januari 2018

Loading...

Loading...
Motif ekonomi adalah alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi. Biasanya tindakan ekonomi dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya berdasarkan prinsip ekonomi.  Motif ekonomi dilakukan oleh semua pihak dalam kegiatan ekonomi. Biasanya selalu ada alasan dibalik setiap tindakan ekonomi yang dilakukan oleh manusia. Apakah sebenarnya motif ekonomi itu dan bagaimana contoh penerapan motif ekonomi dalam kehidupan ?

Produsen yang menghasilkan barang dan jasa memiliki banyak motif ekonomi, diantaranya adalah keinginan untuk mencari keuntungan, memperoleh kekuasaan, membantu masyarakat hingga memperoleh penghargaan. Sedangkan konsumen melalukan konsumsi barang dan jasa memiliki lebih banyak lagi motif ekonomi,  diantaranya adalah memenuhi kebutuhan, memperoleh kepuasan, sekedar pamer dan meningkatkan status sosial, mencoba untuk diterima di masyarakat dengan melakukan tindakan-tindakan ekonomi tertentu, hingga ingin populer dan terkenal.

Berikut ini penjelasan mengenai pengertian motif ekonomi, tujuan motif ekonomi, macam-macam motif ekonomi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian dan tujuan motif ekonomi


Pengertian motif ekonomi secara umum adalah alasan atau dorongan dari dalam jiwa manusia yang mendorong untuk melakukan kegiatan dan tindakan ekonomi, baik itu kegiatan konsumsi, produksi maupun distribusi. Motif ekonomi  ada kerena keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhannya bisa terpenuhi sesuai dengan tujuannya.

Tujuan utama dari adanya motif ekonomi dalam diri manusia adalah untuk mencapai kepuasan, memenuhi kebutuhan dan mencapai kesejahteraan hidup. Hal-hal yang sifatnya sosial, meningkatkan status sosial, membantu masyarakat terkadang menjadi sangat penting dalam memenuhi kebutuhan seseorang. Oleh karena itu, ada orang yang memang tujuan dari motif ekonomi yang dilakukannya adalah untuk tujuan-tujuan sosial tersebut, entah sekedar pamer ataupun meningkatkan status sosial dan membantu masyarakat.

Macam-Macam Motif Ekonomi dan Tujuan Motif Ekonomi serta Contohnya

Macam-macam motif ekonomi dan contohnya


Motif ekonomi mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi bisa berasal dari dalam diri manusia ataupun dari luar diri manusia. Contoh motif ekonomi yang berasal dari dalam diri manusia adalah keinginan untuk makan pada saat lapar. Sedangkan contoh motif ekonomi yang berasal dari luar diri manusia adalah seseorang membeli barang di pusat perbelanjaan moderen karena lebih nyaman dari pada berpanas-panasan di pasar tradisional. Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam motif ekonomi dan contohnya.

Motif memenuhi kebutuhan 

Dalam setiap tidndakan ekonomi yang dilakukan oleh individu, hampir semua didorong oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhan, baik kebutuhan terhadap barang maupun jasa. Seorang individu akan makan ketika lapar ataupun akan ke rumah sakit demi memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

Motif meningkatkan status sosial

Terkadang beberapa tindakan ekonomi yang dilakukan oleh individu didasarkan pada motif untuk meningkatkan status sosial. Ada orang yang sengaja makan direstoran mahal meskipun memiliki penghasilan rendah hanya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain. Ada pula yang membeli Iphone mewah hingga traveling ke luar negeri demi meningkatkan status sosial dari masyarakat maupun teman-teman pergaulan.

Motif membantu sesama

Motif sosial ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki jiwa sosial tinggi. Mereka telah memiliki segalanya, uang, kekayaan, ketenaran, bahkan kekuasaan. Ketika itu, biasanya manusia membutuhkan hal lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan menjadi bahagia. Manusia akan berusaha untuk membantu dan berguna untuk orang lain, karena dengan begitu ia akan merasa bahagia dan kebutuhan hidupnya dipenuhi.

Motif mencapai kemakmuran

Manusia melakukan konsumsi berbagai macam barang dan jasa bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga untuk mencapai kemakmuran. Manusia bekrja keras untuk melakukan kegiatan produksi dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidupnya agar lebih makmur. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi dirinya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Motif mencari keuntungan

Bagi perusahaan, motif utama dalam melakukan kegiatan produksi adalah menghasilkan barang dan jasa yang bisa diperjualbelikan kepada masyarakat untuk akhirnya mendapatkan keuntungan secara ekonomi. Perusahaan akan menerapkan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi, melakukan pengeluaran dan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Motif memperoleh penghargaan

Bagi perusahaan dan individu, terkadang keuntungan dan ketenaran belum cukup. Untuk itulah, maka mereka berusaha bekerja lebih keras dan lebih giat lagi untuk mendapatkan penghargaan dari masyarakat luas. Bisa mengendarai dan memiliki mobil mewah bisa menimbulkan rasa bangga dalam diri seseorang dan merasa mendapatkan penghargaan sehingga egonya bisa terpenuhi.

Motif mencari kekuasaan

Manusia memang tidak pernah memiliki rasa puas. Ketika hidup sederhana ia ingin memiliki banyak harta, ketika telah memiliki banyak harta manusia ingin ketenaran dan penghargaan, ketika telah memperoleh ketenaran dan penghargaan, kita kemudian menginginkan kekuasan. Oleh karena itu, tidak heran jika keinginan mencari kekuasaan adalah salah satu dari motif ekonomi.

Loading...

Blog, Updated at: Januari 26, 2018

0 komentar:

Posting Komentar