Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik serta Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Monopolistik

loading...
loading...

Pengertian  Pasar Persaingan Monopolistik


Pengertian pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang terjadi bila dalam suatu pasar terdapat banyak produsen, tetapi ada diferensiasi produk (perbedaan merk, bungkus, dan sebagainya) di antara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen. Contoh pasar persaingan monopolistik bisa kita lihat pada pasar sepeda motor, pasar televisi, rumah makan, tukang cukur, dan perusahaan angkutan. Dalam prakteknya, ada kebaikan dan keburukan  pasar persaingan monopolistik dalam perkembangan perekonomian. 

Jadi, model pasar persaingan monopolistik pada dasarnya sama dengan model pasar persaingan sempurna, hanya saja dalam pasar monopolistik diperkenalkan adanya diferensiasi produk, sehingga produk yang dijual bersifat heterogen (beragam). Istilah diferensiasi produk di sini ditentukan secara riil dua barang yang tidak berbeda, namun dapat dianggap berbeda oleh konsumen. Pasar ini juga mengakui adanya kekuasaan monopoli tertentu yang timbul dari penggunaan merk dan tanda dagang yang berbeda. Oleh sebab itu, kurva permintaannya mempunyai kemiringan negatif. 

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik


Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik antara lain adalah ada banyak penjual, barang yang diperjualbelikan memiliki fungsi sama tetapi corak berbeda, produsen mampu mempengaruhi harga, penjual mudah keluar masuk pasar, serta perntingnya promosi penjualan yang harus aktif.

Ada banyak penjual

Berbeda dengan pasar monopoli, di dalam pasar persaingan monopolistik, ada banyak penjual meskipun tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna. Kondisi persaingan cenderung stabil karena tidak satupun produsen yang memiliki skala produksi yang lebih besar dari pada produsen lainnya.

Ada banyak barang yang diperjualbelikan

Barang yang diperjualbelikan dalam pasar persaingan monopolistik sangat banyak, tetapi mudah dibedakan berdasarkan corak dan kemasannya. Bahkan kita bisa mengetahui produsen dengan mudah melalui cara penjual dan layanan purna jual yang diberikan.

Produsen mampu mempengaruhi harga

Meskipun tidak sebesar kemampuan produsen mempengaruhi harga di pasar monopoli, pada pasar persaingan monopolistik produsen tetap memiliki kemampuan mempengaruhi harga, terlebih jika produk yang mereka jual lebih dipilih oleh konsumen karena kelebihan yang dimilikinya.

Penjual mudah memasuki pasar

Jika  mampu menghasilkan produk yang memiliki diferensiasi berbeda dengan produk yang sudah ada sebelumnya, maka produsen bisa keluar masuk dengan mudah dan mendapatkan banyak keuntungan.

Pentingnya promosi aktif

Dalam pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah faktor yang bisa mendongkrak pembeli. Kemampuan perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak masyarakat, sehingga membuat mereka mau membeli produk tersebut meskipun dengan harga mahal akan sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan.  


pasar persaingan monopolistik

Kebaikan dan Keburukan pasar persaingan monopolistik


Kebaikan atau kelebihan pasar monopolistik antara lain sebagai beriku: 
  1. Konsumen memiliki banyak pilihan barang. 
  2. Produsen dapat menentukan harga sendiri-sendiri dalam satu pasar karena tidak ada persaingan. 
  3. Masing-masing  monopolistik mempunyai keuntungan sendiri-sendiri karena memiliki pasar (konsumen) sendiri- sendiri. 

Sementara itu, kelemahan atau kekurangan pasar persaingan monopolistik antara lain sebagai berikut: 
  1. Tidak efisiennya produksi karena produsen tidak berproduksi dengan biaya rata-rata (AC) yang minimum. 
  2. Terlalu banyak perusahaan kecil. 
  3. Konsumen masih harus membayar harga produk yang lebih tinggi dari biaya produksi untuk menghasilkan produk tersebut.

Kebaikan pasar persaingan monopolistik yang terpenting adalah adanya inovasi dan perkembangan produsen untuk selalu menciptakan produk yang lebih berkualitas dibandingkan kompetitornya. Selain itu, nama baik perusahaan yang lebih penting dalam memperoleh pelanggan menyebabkan perusahaan cenderung selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Di sisi yang lain, tajamnya persaingan pasar ini menyebakan produsen perlu mengeluarkan biaya besar dalam kegiatan promosi. Ini adalah salah satu keburukan pasar persaingan monopolistik.

loading...

0 Response to "Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik serta Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Monopolistik"

Posting Komentar