Jenis-Jenis Kebijakan Moneter dan Contoh Kebijakan Moneter

Posted by Ekonomi Bisnis on Rabu, 13 Desember 2017

Loading...

Loading...
Kebjakan moneter adalah kebijakan pmerintah suatu negara di bidang ekonomi untuk mengatur jumlah uang yang beredar dan tingkat suku bunga. Kebijakan moneter dilakukan dengan tujuan tertentu, antara lain adalah mengatasi inflasi dan menciptakan kesejahteraan masyarakat. Pada dasarnya, tujuan kebijakan moneter adalah  untuk menjaga kestabilan ekonomi dalam segala bidang. Kebijakan moneter pada awalnya memberikan pengaruh besar pada sektor perbankan, kemudian menyebar pada sektor riil. Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis kebijakan moneter.

Ada begitu banyak istilah dalam pembagian jenis kebijakan moneter di Indonesia. Oleh karena itu, artikel ini merampung berbagai macam kebijakan moneter dari berbagai sumber yang ada di internet.
Kebijakan moneter dibagi menjadi kebijakan yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Menurut Wikipedia, kebijakan moneter terbagi menjadi kebijakan moneter ekspansif dan kebijakan moneter kontraktif. Ada pula yang membagi kebijakan moneter menjadi kebijakan moneter secara langsung dan kebijakan moneter secara tidak langsung.

Kebijakan moneter kuantitatif dan kualitatif


Kebijakan moneter yang bersifat kuantitatif dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi dan mengatur jumlah uang yang beredar dalam masyarakat. Contoh kebijakan moneter kuantitatif adalah devaluasi, revaluasi, politik diskonto, operasi pasar terbuka, dan politik cadangan kas.

Kebijakan moneter yang bersifat kualitatif dilakukan dengan tujuan mengwasi bentuk pinjaman dan investasi yang dilakukan oleh bank umum sehingga mempengaruhi jenis-jenis pinjaman yang dilakukan oleh lembaga keuangan. Contoh kebijakan moneter yang bersifat kualitatif antara lain adalah pengawasan kredit secara selektif dan pembujukan moral.

Kebijakan moneter ekspansif dan kontraktif


Kebijakan moneter ekspansif (monetary expansive policy) adalah kebijakan yang dilakukan dengan cara menambah jumlah uang yang beredar di dalam masyarakat sehingga meningkatkan daya beli dan mengatasi pengangguran pada saat resesi. Biasa juga disebut dengan kebijakan moneter longgar (easy money policy).

Kebijakan moneter kontraktif ( monetary contractive policy) kebijakan moneter yang dilakukan dengan cara mengurangi jumlah uang yang beredar. Kebijakan ini dikeluarkan pada saat terjadi inflasi dan biasa juga disebut dengan kebijakan moneter ketat ( hard money policy ).

Kebijakan moneter langsung dan tidak langsung


Kebijakan moneter dapat dilakukan oleh pemerintan dan bank sentral secara langsung dan tidak langsung. Kebijakan moneter langsung adalah kebijakan di mana pemerintah turut campur langsung dalam peredaran uang atau kredit perbankan. Kebijakan moneter tidak langsung adalah kebijakan yang dilakukan oleh bank sentral dengan  cara mempengaruhi kemampuan bank umum dalam memberikan kredit.

Contoh kebijkan moneter secara langsung antara lain adalah percetakan uang, sanering, devaluasi, revaluasi, redominasi, dan lain-lain. Contoh kebijakan moneter secara tidak langsung antara lain adalah operasi pasar terbuka,  kebijakan rasio kas, kebijakan uang ketat dan kebijakan uang longgar.

Instrumen kebijakan moneter

Jenis-Jenis Kebijakan Moneter dan Contoh Kebijakan Moneter


Dari penjelasan di atas mengenai pembagian kebijakan moneter, maka kita dapat menarik kesimpulan mengenai macam-macam kebijakan moneter atau jenis-jenis kebijakan moneter atau instrumen kebijakan moneter. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis kebijakan moneter tersebut :
  • Operasi pasar terbuka, yaitu  kebijakan bank sentral atau Bank Indonesia untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat dengan cara menjual sertifikat Bank Indonesia atau membeli saham di pasar modal.
  • Politik cadangan kas, dilakukan oleh BI untuk memperlancar kredit dalam masyarakat.
  • Politik diskonto adalah kebijakan untuk menaikkan atau menurunkan tingkat suku bunga yang harus dibayarkan bank kepada bank Indonesia.
  • Devaluasi adalah kebijakan untuk menurunkan kurs mata uang rupiah terhadap mata uang asing.
  • Revaluasi, adalah kebijkan untuk menaikkan kurs mata uang rupiah terhadap mata uang asing.
  • Himbauan moral adalah himbauan yang dilakukan bank sentral kepada bank umum pemberi kredit agar berhati-hati dalam mengeluarkan kredit dan menghimbau kepada bank untuk meminjam uang kepada bank sentral sehingga meningkatkan peredaran uang dalam masyarakat.
  • Pengawasan kredit secara selektif, dilakukan untuk mengawasi bank umum dan memastikan kredit atau pinjaman yang dilakukan bank umum disalurkas sesuai dengan kebijakan pemerintah.
  • Kebijakan moneter  adalah kebijakan pemerintah di bidang ekonomi yang memiliki pengaruh sangat besar dalam perekonomian. Kebijakan moneter bisa menjaga kestabilan ekonomi, mengurangi pengangguran, mengatasi inflasi, dan lani-lain sebagainya.


Loading...

Blog, Updated at: Desember 13, 2017

1 komentar:

  1. Sudahkah Anda mendapat pinjaman dari bank
    Atau ada beberapa lembaga keuangan yang menolak permintaan Anda untuk satu atau lebih alasan ?.

    KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS PINJAMAN DARI:
    - Pinjaman usaha,
    - Pinjaman modal,
    - Pinjaman real estat,
    - Pinjaman pribadi,
    - Pinjaman mahasiswa,
    - Pinjaman pertanian
    Dan lebih dalam berinvestasi dengan investor yang baik ... Kami menawarkan pinjaman
    untuk perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah 2%. Anda berada di sebelah kanan
    tempat untuk mendapatkan pinjaman Anda

    Hubungi kami hari ini dan dapatkan masalah keuangan Anda!

    Email: MARGARETPEDROLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    Dapatkan masalah keuangan Anda dipecahkan di sini ...

    BalasHapus