Pengertian dan Contoh Kredit Pasif dan Kredit Aktif

Posted by Ekonomi Bisnis on Sabtu, 25 November 2017

Loading...

Loading...
Pengertian kredit pasif secara umum adalah aliran dana yang masuk dari masyarakat ke dalam bank. Sedangkan kredit aktif adalah segala bentuk dana yang disalurkan oleh bank kepada masyarakat. Untuk memahami dengan jelas, maka berikut ini penjelasan mengenai berbagai macam contoh kredit pasif dan kredit aktif.

Macam-Macam Contoh Kredit Pasif 


Bank menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan yang berupa hal berikut ini: 
  1. Giro yaitu simpanan yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, sarana perintah pembayaran lainnya, atau dengan cara pemindahbukuan. 
  2. Deposito berjangka yaitu simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu menurut perjanjian antara penyimpanan dengan bank yang bersangkutan. 
  3. Sertifikat deposito yaitu deposito berjangka yang bukti simpanannya dapat diperdagangkan. 
  4. Tabungan yaitu simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek atau alat yang dipersamakan dengan itu. 
  5. Surat berharga yaitu surat pengakuan utang, wesel, saham, obligasi yang lazim diperdagangkan dalam pasar modal dan pasar uang. 
  6. Deposit on call, yaitu simpanan tetap yang berada di bank selama deposan tidak membutuhkannya. Jika ingin mengambil simpanan, deposan lebih dahulu memberitahukan kepada bank. 
  7. Deposito automatic roll over, yaitu deposito yang sudah jatuh tempo, tetapi belum ditarik oleh deposan dan bunganya langsung diperhitungkan secara otomatis.


Macam-Macam Contoh Kredit Aktif 


Bank menyalurkan atau melayani pemberian kredit kepada masyarakat, baik berupa kredit jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Adapun jenis kredit yang termasuk kredit aktif antara lain sebagai berikut: 
  1. Kredit rekening koran (R/K), artinya kredit yang diberikan sesuai dengan kebutuhannya dengan jaminan surat-surat berharga, barang dalam gudang atau barang bergerak. 
  2. Kredit Reimburs (Letter of Credit), artinya kredit yang diberikan dengan cara mambayar harga pembelian suatu barang setelah nasabah memperlihatkan bukti-bukti pengiriman barang antarnegara. 
  3. Kredit aksep, artinya kredit yang diberikan dengan cara menandatangani  wesel yang ditarik oleh nasabah dan dijual ke bank. 
  4. Kredit dokumenter, artinya kredit yang diberikan atas jaminan dokumen yang diserahkan ke bank. 
  5. Kredit dengan jaminan surat-surat berharga, artinya kredit yang diberikan kepada nasabah  untuk membeli surat-surat berharga.

Pengertian dan Contoh Kredit Pasif dan Kredit Aktif


Selama ini kata kredit hanya lekat pada nasabah yang kekurangn dana, misalnya PNS untuk menyerahkan SK PNS di bank kemudian mendapatkan uang. Dari penjelasan di atas mengenai contoh kredit aktif dan kredit pasif, maka kita bisa tahu bahwa yang melakukan kredit bukan hanya nasabah kepada bank. Bank juga melakukan kredit kepada nasabah dengan cara kredit pasif. Pada akhirnya, jika nasabah mengkhendaki untuk mengambil dana yang mereka setor ke bank, maka bank harus membayarnya.

Loading...

Blog, Updated at: November 25, 2017

1 komentar:

  1. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman ekuitas
    untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda ditolak oleh bank dan lainnya
    lembaga keuangan? Apakah Anda membutuhkan konsolidasi pinjaman atau hipotek? Cari tidak
    lebih banyak karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu
    lalu.

    Ini adalah perusahaan pinjaman yang mudah. Kami menawarkan pinjaman kepada mereka yang tertarik pada
    suku bunga yang wajar 2%. Kisaran berkisar dari $ 5,000.00 ke a
    maksimal $ 100.000.000,00 dolar.

    Pinjaman kami dijamin dengan baik karena keamanan maksimum adalah prioritas kami.

    Hubungi kami melalui email: oceanfmortgages@gmail.com


    Salam
    Max Bent
    oceanfmortgages@gmail.com
     
    2% Pinjaman dan Jaminan Asli
    oceanfmortgages@gmail.com

    BalasHapus