Alokasi Sumber Daya Ekonomi dan Manfaatnya

Posted by Ekonomi Bisnis on Sabtu, 11 November 2017

Loading...

Loading...
Sebelum mengetahui pengertian alokasi sumber daya ekonomi, maka kita perlu mengetahui makna kata alokasi. Arti kata alokasi secara umum adalah penentuan jumlah banyaknya barang yang disediakan untuk sebuah keperluan. Sumber daya ekonomi tidak hanya berupa sumber daya alam, tetapi juga sumber daya manusia, modal, serta wirausaha (entrepreneur). Alokasi sumber daya ekonomi berarti penentuan banyaknya jumlah sumber daya alam, sumber daya manusia, modal dan wirausaha yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang dan jasa. Manfaat mengetahui alokasi sumber daya ekonomi adalah menjadi bahan pertimbangan manusia dalam melakukan perencanaan kebijakan ekonomi terutama terkait penggunaan sumber daya alam. 

Alokasi  Sumber Daya Alam 


Sumber daya alam adalah bahan baku utama untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan dalam suatu kegiatan ekonomi. Secara umum sumber daya alam terbagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti perkebunan dan hasil hutan dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, seperti mineral tambang dan minyak bumi.

Pernahkah kamu mengamati pengeboran minyak di lepas pantai? Nah, apa yang akan terjadi bila pengeboran dilakukan secara terus-menerus? Ya, tentu saja cadangan minyak di dalam bumi akan berkurang yang bisa berakibat terjadi kelangkaan. Jadi, kelangkaan sumber daya alam dapat diartikan terbatasnya persediaan sumber daya yang terkandung di alam, baik sumber daya biotik (hewan dan tumbuhan) maupun sumber daya abiotik (tanah, udara, barang tambang, air, dan iklim).

Alokasi Sumber Daya Ekonomi dan Manfaatnya


Untuk mengatasi kelangkaan sumber daya alam itu, maka manusia perlu bijak mengelola alam dan melakukan alokasi sumber daya alam. Salah satu hal yang bisa diwujudkan manusia untuk mengelola alam dengan bijak adalah melakukan tebang pilih pada pohon, artinya hanya pohon yang cukup besar yang diambil. Kebijakan reboisasi juga salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya kelangkaan sumber daya alam. 

Alokasi Sumber Daya Manusia 


Dalam menjalankan roda perekonomian diperlukan manusia yang memiliki keahlian dan pengetahuan tinggi. Kelangkaan sumber daya manusia di sini berarti sulitnya ditemukan manusia yang berkualitas, baik dari segi pengetahuan maupun keahlian yang mampu menjalankan kegiatan ekonomi. 

Alokasi sumber daya manusia dibutuhkan agar manusia bisa menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan menggunakan sumber daya manusia yang tepat, maka sebuah perusahaan bisa menghasilkan produk yang baik. Sedangkan di bidang jasa, sumber daya manusia yang bermutu akan menghasilkan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat.

Alokasi Sumber Daya Modal 


Sumber daya modal sangat diperlukan dalam proses produksi barang atau jasa. Sebagai negara berkembang Indonesia masih banyak menemukan berbagai kendala terutama masalah permodalan. Modal tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga bahan baku, gedung, dan mesin-mesin.

Modal adalah sumber daya ekonomi yang sangat penting. Jika terawat dan dipelihara dengan baik, maka gedung dan mesin-mesin bisa menghasilkan banyak barang yang tentunya berguna untuk sebanyak-banyaknya orang. Oleh Karena itu, kita tidak perlu heran jika perusahaan mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan terhadap sumber daya modal milik mereka.

Alokasi Sumber Daya Wirausaha 


Seorang wirausaha adalah orang yang memiliki sikap mental kewirausahaan. Kelangkaan sumber daya wirausaha merupakan dampak dari sedikitnya orang yang berpikir kreatif dan inovatif. Akibatnya sumber daya-sumber daya ekonomi yang ada tidak dapat dikelola secara maksimal karena kurangnya kemampuan menjalankan gagasan kreatif tersebut.

Dengan adanya pengalokasian terhadap sumber daya ekonomi, maka manusia bisa dengan bijak mengelola alam, tenaga kerja, modal dan skill kewirausahaan manusia. Alokasi sumber daya ekonomi berdampak pada penggunaan sumber daya yang efisien dan bermanfaat untuk sebanyak-banyaknya orang.

Loading...

Blog, Updated at: November 11, 2017

0 komentar:

Posting Komentar