Pengertian Kebutuhan, Macam-Macam Kebutuhan dan Contoh Kebutuhan Manusia

Posted by Ekonomi Bisnis on Kamis, 19 Oktober 2017

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu membutuhkan sesuatu untuk menunjang kelangsungan hidupnya. Hal-hal yang dibutuhkan fisik, jasmani, rohani dan ego manusia itulah yang disebut dengan kebutuhan manusia. Manusia perlu untuk memenuhi kebutuhan sejak ia lahir sampai ketika ia meninggal dan dikebumikan. 

Pengertian kebutuhan


Pengertian kebutuhan secara umum adalah segala barang dan jasa yang dibutuhkan manusia agar mencapai kepuasan dan kemakmuran hidup. Secara umum, kebutuhan adalah segala hal yang diperlukan manusia untuk memenuhi keinginan fisik dan rohani agar manusia bisa melangsungkan hidupnya. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka manusia akan mengalami kesulitan dalam melangsungkan hidupnya, bahkan bisa mati jika kebutuhan itu tidak terpenuhi pada waktu tertentu.

Pada awal kelahiran, maka manusia yang masih bayi membutuhkan asi, pakaian, tempat berlindung, hingga kasih saying ibu dan orang sekitarnya agar bisa bertahan hidup. Kebutuhannya akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Ketika menjadi anak-anak, kebutuhan manusia berupa mainan, pakaian, buku, pensil warna hingga pakaian sekolah ketika telah memasuki usia sekolah.

Kebutuhan manusia itu belum berakhir. Ketika masa remaja ia mengharapkan sepeda dan mengharapkan sepeda motor atau bahkan mobil  ketika kuliah. Rasa tidak puas manusia menyebabkan kebutuhan manusia selalu tidak terbatas.

Ketika dewasa, mobil sedan biasa dianggap terlalu kuno, orang kemudian membeli mobil sport yang tidak mereka butuhkan hanya untuk memenuhi ego dan pengakuan dari masyarakat. Kebutuhan manusia ini akan terus bertambah, bahkan ketika ia telah meninggal dunia, manusia masih membutuhkan tanah untuk dikebumikan.

Karena banyaknya kebutuhan manusia itu, maka untuk mempermudah pemahaman, maka manusia membagi kebutuhan dalam berbagai macam. Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam kebutuhan manusia tersebut. 

Pengertian Kebutuhan, Macam-Macam Kebutuhan dan Contoh Kebutuhan Manusia

Macam-macam kebutuhan dan contohnya


Kebutuhan manusia sangat beraneka macam dan beragam serta tidak terbatas. Untuk itu, maka dalam ilmu ekonomi kebutuhan diklasifikasikan dalam beberapa macam, antara lain berdasarkan intensitasnya, sifatnya, waktu pemenuhannya, subjek atau konsumennya dan menurut bentuknya.

Kebutuhan menurut intensitasnya

Ada 3 macam kebutuhan menurut intensitasnya, yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier.
  • Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang paling mendasar yang wajib dipenuhi manusia. Jika kebutuhan primer tidak terpenuhi, maka dipastikan kehidupan manusia akan terganggu. Contoh kebutuhan primer antara lain adalah pakaian, makana, dan tempat tinggal.
  • Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang akan dipenuhi manusia jika kebutuhan primer telah terpenuhi. Kebutuhan sekunder melengkapi kehidupan manusia untuk mencapai kemakmuran. Contoh kebutuhan sekunder adalah telepon seluler, televisi, meja, kursi, lemari, dan lain-lain.
  • Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang umumnya akan dipenuhi manusia jika kebutuhan primer dan sekundernya telah dipenuhi. Kebutuhan tersier juga dikenal dengan sebutan kebutuhan mewah, karena biasanya yang menjadi kebutuhan tersier adalah benda atau barang yang mewah dengan harga yang selangit. Contoh kebutuhan tersier antara lain adalah tas branded terkenal, mobil sport mewah, berlian, kapal pesiar, dan rumah mewah.  


Kebutuhan menurut sifatnya

Ada dua macam kebutuhan menurut sifatnya, yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.
  • Kebutuhan jasmani adalah segala jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh fisik manusia. Jika kebutuhan jasmani manusia tidak terpenuhi, maka tubuh atau fisik manusia akan terganggu fungsinya. Contoh kebutuhan jasmani adalah makanan dan minuman. Tanpa makanan dan minuman, manusia bisa dehidrasi dan terkena penyakit maag.
  • Kebutuhan rohani adalah segala jenis kebutuhan yang berkaitan dengan jiwa atau mental manusia. Yang paling merasakan dampak dari tidak terpenuhinya kebutuhan rohani adalah jiwa manusia. Kebutuhan rohani yang tidak terpenuhi bisa menyebabkan depresi, stress, hingga merasakan kekosongan dalam hidup. Contoh kebutuhan rohani manusia antara lain adalah ibadah dan rekreasi.


Kebutuhan menurut waktunya

Kebutuhan manusia menurut waktunya dibedakan menjadi kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang.
  • Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi manusia pada saat itu juga dan tidak bisa ditunda-tunda. Jika kebutuhan sekarang ditunda, maka akan menimbulkan masalah besar. Contoh kebutuhan sekarang adalah kebutuhan makanan pada saat lapar, kebutuhan obat pada saat sakit dan kebutuhan psikiater pada saat stress dan depresi.
  • Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang masih bisa ditunda pemenuhannya karena bisa dilakukan di masa yang akan datang. Untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang ini, maka manusia perlu menabung sedini mungkin. Contoh kebutuhan yang akan datang adalah biaya pendidikan anak, biaya pensiun, dan rumah mewah untuk anak muda yang baru lulus kuliah.


Kebutuhan menurut subjeknya

Menurut subjeknya atau orang yang membutuhkannya, kebutuhan manusia dibagi menjadi kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok.
  • Kebutuhan individu adalah segala jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh seorang individu. Kebutuhan individu ini tentu saja berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Contoh kebutuhan individu adalah cangkul bagi petani, motor bagi tukang ojek, dan laptop bagi mahasiswa.
  • Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat atau kelompok secara bersama-sama. Kebutuhan ini disebut juga kebutuhan kolektif. Contoh kebutuhan kolektif adalah mesin ATM, rumah sakit, jalan raya, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya.


Kebutuhan menurut bentuknya

Menurut bentuknya atau wujudnya, kebutuhan manusia terbagi menjadi kebutuhan material dan kebutuhan immaterial.
  • Kebutuhan material adalah segala jenis kebutuhan yang berwujud dan bisa dirasakan dengan indra manusia. Contoh kebutuhan material adalah mobil, motor, sepatu, ricecooker, dan lain-lain.
  • Kebutuhan immaterial adalah semua jenis kebutuhan manusia yang tidak berwujud tetapi bisa dirasakan oleh jiwa manusia. Contoh kebutuhan immaterial adalah ceramah agama, petunjuk dokter, hiburan, dan lain-lain.


Kebutuhan manusia memang berbeda-beda karena pada dasarnya manusia memiliki karakter yang berbeda. Kebutuhan manusia yang terus meningkat menyebabkan munculnya inovasi-inovasi baru. Meskipun demikian, manusia selalu menginginkan lebih. Sebagai manusia, maka kita sudah selayaknya tahu mana kebutuhan yang layak dan pantas untuk diprioritaskan dan mana yang tidak agak kebutuhan kita selalu terpenuhi dengan baik. 

Blog, Updated at: Oktober 19, 2017

0 komentar:

Posting Komentar