Pengertian Kebutuhan Jasmani dan Rohani serta Contohnya

Posted by Ekonomi Bisnis on Jumat, 20 Oktober 2017

Loading...

Loading...
Manusia bekerja keras sepanjang hidupnya untuk memenuhi dua kebutuhan, yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Pada dasarnya apapun yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya berakhir pada kepuasan fisik dan kedamaian rohani. Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani dalam ilmu ekonomi diklasifikasikan sebagai kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya. Apa pengertian kebutuhan jasmani danrohani serta contoh kebutuhan jasmani dan rohani adalah sebagai berikut :

Pengertian kebutuhan jasmani dan contohnya


Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diinginkan manusia untuk memenuhi keinginan fisik atau jasmani seseorang. Kebutuhan jasmani erat kaitannya dengan kebutuhan fisik. Fisik manusia selalu menginginkan sesuatu dan jika sesuatu itu telah terpenuhi, maka manusia akan menginginkan sesuatu lainnya.

Contoh kebutuhan jasmani adalah pakaian, makanan, perhiasan, mobil, smartphone, dan lain-lain sebagainya. Manusia akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan jasmaninya dan jika kebutuhan jasmani itu telah terpenuhi, maka manusia akan membutuhkan kebutuhan jasmani yang baru.

Contoh, jika saat ini kita telah memiliki motor, maka kita mengharapkan kenyamanan dengan memiliki mobil, karena motor tidak akan bisa melindungi kita dari hujan. Ketika telah memiliki mobil, manusia menginginkan mobil yang lebih mewah karena keamanan dan kenyamanannya, begitu seterusnya.

Pada dasarnya, kebutuhan jasmani adalah kebutuhan primer yang wajib dipenuhi. Kebutuhan makanan dan minuman lebih mutlak dari pada kebutuhan terhadap barang-barang mewah. Jika kebutuhan jasmani manusia berupa makanan tidak terpenuhi, maka dapat dipastikan manusia akan sulit untuk sekedar bertahan hidup.

Pengertian Kebutuhan Jasmani dan Rohani serta Contohnya

Pengertian kebutuhan rohani dan contohnya


Kebutuhan rohani adalah kebutuhan manusia untuk memenuhi keinginan jiwa dan spiritualnya. Kebutuhan rohani berkaitan dengan kepuasan batin manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak hanya membutuhkan makanan. Manusia butuh melakukan sesuatu untuk memenuhi keinginan dan kepuasan batin.

Berbeda dengan hewan yang tidak memiliki emosi dan perasaan, manusia perlu untuk bersosialisasi dengan manusia lain, beribadah, rekreasi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pemenuhan keinginan batin. Oleh karena itu, kebutuhan batin pada umumnya tidak berbentuk fisik, akan tetapi memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kebahagiaan manusia. Memenuhi kebutuhan rohani menciptakan rasa bahagia bagi manusia.

Contoh kebutuhan rohani antara lain adalah rekreasi di pantai atau naik gunung, mengunjungi rumah ibadah, umroh di Mekkah, berkumpul bersama orang tua dan orang-orang yang kita sayangi, mengejar mimpi dan cita-cita, dan lain-lain sebagainya. Jika kebutuhan rohani tidak terpenuhi, maka manusia akan rentan dan mudah depresi dan merasa stress.

Manusia harus menyeimbangkan antara kebutuhan jasmani dan rohaninya. Jika hanya memenuhi kebutuhan jasmani, maka hidup akan kosong dan terasa hampa. Sedangkan jika hanya fokus memenuhi kebutuhan rohani, maka manusia tidak akan memiliki waktu untuk memenuhi kebutuhan jasmani.


Loading...

Blog, Updated at: Oktober 20, 2017

0 komentar:

Posting Komentar