Pengertian dan Contoh Kebutuhan Individu dan Kolektif

Posted by Ekonomi Bisnis on Jumat, 20 Oktober 2017

Loading...

Loading...
Berdasarkan subjek yang membutuhkan kebutuhan, maka kebutuhan manusia dibagi menjadi kebutuhan individu dan kebutuhan kolektif. Kebutuhan individu atau kebutuhan pribadi  atau kebutuhan perorangan memenuhi kebutuhan pribadi sedangkan kebutuhan kolektif memenuhi kebutuhan masyarakat banyak. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian kebutuhan individu dan kolektif serta contohnya.

Pengertian kebutuhan individu dan contohnya


Secara umum, kebutuhan individu dapat kita definisikan sebagai semua jenis kebutuhan yang dipenuhi oleh seorang individu demi kelangsungan hidup dan kepuasan jasmani dan rohaninya. Kebutuhan individu hanya memberikan manfaat kepada individu itu sendiri.

Seorang individu memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhannya agar bisa tetap eksis dan memperoleh status sosial di masyarakat. Contoh kebutuhan individu antara lain adalah pakaian, makanan, mobil mewah, sepatu, tas, motor, dan lain-lain yang ditujukan hanya untuk diri sendiri.

Kebutuhan individu setiap orang berbeda, tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, antara lain adalah usia, tempat tinggal, pekerjaan, tingkat ekonomi, jenis kelamin, dan lain-lain sebagainya.

Contohnya adalah kebutuhan pak Ali yang seorang nelayan adalah jala, perahu, mesin kapal, dan bensin untuk melaut. Lain halnya dengan kebutuhan pak Djarot yang bekerja sebagai seorang manager di sebuah bank. Ia membutuhkan pakaian yang necis, dasi, mobil yang cukup mewah, dan dompet kulit berkualitas demi menunjukkan status sosialnya sebagai seorang manejer.

Pengertian kebutuhan kolektif dan contohnya


Kebutuhan kolektif atau kebutuhan kelompok atau dikenal juga dengan istilah kebutuhan bersama adalah kebutuhan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau pemerintah yang berwenang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat banyak sehingga menciptakan kemudahan dan kesejahteraan masyarakat. Kebutuhan kelompok juga bisa saja langsung tersedia di alam. Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan masa depan bagi banyak orang.

Beberapa contoh kebutuhan kolektif yang dibutuhkan manusia yang telah disediakan oleh alam antara lain adalah cahaya matahari, air, udara, dan hutan. Manusia berperan untuk mengelola apa yang disediakan oleh alam agar bisa berguna bagi sebanyak-banyaknya orang.

Pemerintah dapat kita anggap sebagai pihak yang paling berpengaruh untuk memenuhi kebutuhan kelompok. Contoh kebutuhan kelompok yang disediakan oleh pemerintah adalah melalui pembangunan infrastruktur jalan raya, rumah sakit, pembangkit listrik, pasar, sarana dan prasarana pariwisata, angkutan umum, dan lain-lain sebagainya.

pengertian dan contoh kebutuhan individu dan kelompok
taman kota, contoh kebutuhan kelompok


Kebutuhan kolektif yang terpenuhi akan memeberikan rasa puas kepada masyarakat banyak sehingga akan menciptakan keamanan, ketenangan, kesejahteraan, dan kebahagiaan bagi banyak orang. Sebaliknya, jika kebutuhan kolektif ini tidak terpenuhi maka akan menimbulkan rasa tidak puas dalam masyarakat.


Loading...

Blog, Updated at: Oktober 20, 2017

0 komentar:

Posting Komentar