Pengertian dan Contoh Benda Konsumsi dan Benda Produksi

Posted by Ekonomi Bisnis on Rabu, 25 Oktober 2017

Dilihat dari sudut padang tujuan penggunaannya, barang atau benda  dapat dibedakan menjadi barang konsumsi dan barang produksi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian dan contoh benda konsumsi dan benda produksi.

Pengertian dan contoh benda konsumsi


Barang konsumsi atau benda konsumsi adalah barang yang langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia  atau biasa juga disebut dengan barang jadi. Barang konsumsi disebut juga barang siap pakai, misalnya sepatu, baju, kaos, dan televisi. 

Benda konsumsi adalah benda-benda yang telah melalui proses produksi yang sangat panjang sebelum akhirnya bisa langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Benda konsumsi sangat dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan, pakaian, dan hiburan.

Pada umumnya, benda konsumsi tidak memiliki sifat yang tahan lama. Benda konsumsi langsung digunakan dan bisa saja habis seketika itu juga. Contoh barang konsumsi yang cepat habis antara lain adalah makanan dan bahan bakar kendaraan bermotor.

baca juga : 

Pengertian dan contoh barang produksi


Secara umum, pengertian barang produksi atau barang modal, adalah barang yang tidak langsung memenuhi kebutuhan manusia atau konsumen, tetapi merupakan alat pembantu dalam proses produksi. Benda produksi adalah bahan baku dan alat-alat bantu pada proses produksi. Contoh benda produksi misalnya mesin produksi, gedung/bangunan pabrik, tanah, dan bahan baku.

Benda produksi memiliki peran yang sangat vital untuk mengolah dan memproses bahan-bahan baku menjadi barang konsumsi yang layak dan siap pakai digunakan oleh manusia. Benda produksi adalah penghasil benda-benda konsumsi.

Sebuah benda bisa dianggap sebagai benda konsumsi bagi pihak lain, tetapi bagi pihak lainnya dianggap sebagai benda produksi. Contoh, bagi perusahaan mesin jahit adalah benda yang bisa memproduksi banyak pakaian dan produk-produk tekstil lainnya. Sedangkan bagi ibu rumah tangga, mesin jahit adalah benda konsumsi yang membantunya untuk memenuhi kebutuhan dalam hal perbaikan pakaian yang robek atau menjahit sesuatu yang perlu.

Pengertian dan Contoh Benda Konsumsi dan Benda Produksi


Umumnya, tinggi rendahnya harga benda konsumsi sangat bergantung pada benda produksinya. Bahan  baku produksi, lamanya waktu produksi hingga bahaya yang bisa ditimbulkan pada saat proses produksi bisa menyebabkan harga benda konsumsi melambung tinggi.

Blog, Updated at: Oktober 25, 2017

0 komentar:

Posting Komentar