Pengertian dan Contoh Barang Mentah, Barang Setengah Jadi dan Barang Jadi

Posted by Ekonomi Bisnis on Rabu, 25 Oktober 2017

Loading...

Loading...
Berdasarkan proses pengerjaannya, barang dapat dikelompokkan menjadi barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi. Barang-barang yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari untuk digunakan melalui proses-proses tertentu yang sangat panjang sehingga bisa langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan contoh barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.

Pengertian dan contoh barang mentah


Secara umum, barang mentah atau bahan mentah, adalah barang yang baru dihasilkan oleh alam, belum melalui proses produksi apapaun dan belum tentu dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang mentah biasa juga disebut dengan bahan baku. Barang mentah bisa saja langsung dikonsumsi, akan tetapi tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Contoh barang mentah atau bahan baku misalnya  kayu gelondongan yang baru ditebang, minyak mentah yang belum dipisahkan, mineral tambang yang masih bercampur, kelapa sawit, kelapa yang baru dipetik, kapas, dan kulit hewan.

Kayu gelondongan, minyak mentah dan mineral tambang masih butuh proses panjang produksi agar bisa menghasilkan barang baru yang memiliki harga yang lebih tinggi. Kelapa yang baru dipetik bisa langsung digunakan untuk menghilangkan rasa haus. Akan tetapi jika diproduksi dengan proses yang lebih baik, maka kelapa itu bisa memenuhi kebutuhan yang lebih luas.

Pengertian dan contoh barang setengah jadi


Barang setengah jadi adalah barang yang masih dalam proses produksi. Barang setengah jadi dihasilkan dari barang mentah dan melalui proses-proses tertentu. Meskipun demikian, barang setengah jadi ini berlum bisa langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia karena belum menjadi produk siap pakai.

Contoh barang setengah jadi misalnya emas batangan yang diperoleh setelah memurnikan mineral tambang, tepung yang dihasilkan dari olahan beras dan gandum, kain yang dihasilkan dari mengolah kapas , dan kulit yang dihasilkan dari mengolah kulit hewan. 

baca juga : 

Pengertian dan contoh barang jadi


Barang jadi adalah barang yang telah selesai mengalami proses produksi dan langsung dapat dikonsumsi. Barang jadi bisa langsung digunakan memenuhi kebutuhan manusia. Akan tetapi, untuk mendapatkan barang jadi ini manusia perlu melakukan pengorbanan berupa uang.

Contoh barang jadi misalnya perhiasan emas yang dibuat dari emas yang telah dimurnikan, roti yang diolah dari tepung beras, pakaian yang diolah dari kain, dan jaket kulit yang diolah dari kulit hewan.

Pengertian dan Contoh Barang Mentah, Barang Setengah Jadi dan Barang Jadi


Status sebuah benda sehingga berubah menjadi barang jadi yang layak dikonsumsi melalui proses yang panjang dan melelahkan. Manusia perlu melakukan banyak pengorbanan untuk mengolah bahan baku menjadi bahan jadi. Oleh karena itu, kita tidak perlu heran jika harga barang jadi jauh lebih mahal dari pada bahan baku maupun bahan setengah jadi, karena disitulah manusia bisa mengambil keuntungan dari segi ekonomi. Kegiatan produksi memang berperan dalam meningkatkan nilai ekonomis suatu barang.

Loading...

Blog, Updated at: Oktober 25, 2017

0 komentar:

Posting Komentar