Pengertian dan contoh Barang Komplementer dan Substitusi

Posted by Ekonomi Bisnis on Selasa, 24 Oktober 2017

Menurut cara penggunaannya atau hubungannya dengan barang lain, barang dapat dibedakan menjadi barang komplementer dan barang substitusi. Istilah lain dari barang komplementer atau benda komplementer adalah barang pelengkap sedangkan barang substitusi atau benda substistusi disebut dengan benda pengganti.

Pengertian dan contoh barang komplementer


Barang komplementer adalah barang yang dapat saling melengkapi, artinya cara penggunaannya digabungkan dengan barang yang lain. Tanpa adanya benda pelengkapnya, maka barang komplementer tidak bisa melaksanakn fungsinya. Contoh barang komplementer misalnya baju dengan celana, CPU dengan komputer, mobil dengan bensin, dan kompor dengan minyak tanah.

Computer tidak akan bisa bekerja tanpa adanya CPU. Mobil tidak akan bisa digerakkan tanpa adanya bahan bakar bensin. Baju tidak akan bisa digunakan sendirian di tempat umum, karena fungsinya untuk menutup tubuh manusia.

Barang komplementer disebut sebagai barang pelengkap karena sifatnya yang saling melengkapi antara barang yang satu dengan barang yang lainnya. Barang komplementer hanya dapat memenuhi kebutuhan manusia secara maksimal jika digunakan bersama-sama dengan barang komplementer lainnya.

Pengertian dan contoh barang substitusi


Barang substitusi adalah barang yang dapat saling mengantikan, artinya bila tidak ada barang yang satu, maka dapat digantikan dengan barang yang lainnya. Misalnya padi dengan jagung, baju kaos dengan kemeja, mobil pribadi dengan angkutan umum,  kompor dengan tungku, dan lain-lain sebagainya.

Benda substitusi adalah benda pengganti yang memiliki fungsi yang sama dengan benda lainnya. Sebagai contoh, jika kita ingin makan nasi tetapi tidak ada beras, maka kita bisa menggantinya dengan jagung, karena keduanya sama-sama memenuhi kebutuhan karbohidrat manusia. Kita bisa mengganti fungsi kaos dengan kemeja ataupun jaket, karena keduanya adalah pakaian atas.

Dengan adanya benda substitusi, maka manusia memiliki alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, kebutuhan subtitusi juga memungkinkan manusia untuk tidak perlu khawatir kekurangan barang dan jasa, karena selalu ada barang pengganti yang memiliki fungsi serupa.

contoh barang substitusi dan komplementer

baca juga :



Di sisi lain, barang komplementer bisa merepotkan manusia jika salah satu barang pelengkapnya tidak ada. Bagaimana jika kita hanya memiliki monitor sedangkan CPU yang kita punya rusak ? maka fungsi komputer akan terganggu. Hal ini kemudian mendorong manusia menciptakan laptop yang akhirnya bisa menjadi barang substitusi atau barang pengganti komputer. 

Blog, Updated at: Oktober 24, 2017

0 komentar:

Posting Komentar