Pengertian dan Contoh Barang Abstrak dan Konkret

Posted by Ekonomi Bisnis on Rabu, 25 Oktober 2017

Loading...

Loading...
Alat pemuas kebutuhan menurut wujudnya dapat dibedakan menjadi barang konkret (berwujud) dan barang abstrak (tidak berwujud). Barang konkret biasa disebut juga benda nyata atau benda material. Sedangkan barang abstrak biasa benda tak nyata atau benda immaterial. Berikut pengertian dan contoh benda abstrak dan benda konkret.

Pengertian dan contoh barang abstrak


Barang abstrak atau barang immaterial, adalah  segala jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak dapat diraba dan dilihat tetapi dapat dirasakan, atau lebih dikenal dengan jasa. Meskipun  barang abstrak ini tidak berwujud, benda ini sangat berperan penting dalam menentukan kesejahteraan seseorang.

Contoh barang abstrak antara lain adalah musik, nama baik (goodwill), hak cipta,  hak paten dan merk dagang. Di dunia internet, contoh barang abstrak antara lain adalah domain name dan hosting. Uang elektronik juga bisa dikatakan sebagai barang abstrak karena memang tidak bewujud. 

Biasanya, orang-orang yang memiliki barang abstrak adalah orang-orang dengan kemampuan ekonomi yang cukup mapan. Orang-orang ini memiliki nama baik dan brand-brand atau merek-merek terkenal yang menyebabkan mereka dikenal dunia.

baca juga : 

Pengertian dan contoh benda konkret


Barang konkret atau barang nyata atau barang material, adalah segala jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang berupa zat, dapat diraba dan dilihat. Barang konkret dapat memuaskan fisik manusia atau jasmani manusia  secara langsung.

Contoh barang konkret dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita antara lain adalah  rumah, makanan, pakaian, sepatu,  sepeda motor, buku, mobil, perhiasan emas dan berlian, dan lain-lain sebagainya.

Umumnya barang konkret bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Barang konkret mudah didapatkan oleh semua orang dari berbagai tingkat ekonomi. Beberapa jenis barang konkret bisa menjadi alat yang menunjukkan status sosial seseorang di dalam masyarakat.

Pengertian dan Contoh Barang Abstrak dan Konkret


Barang konkret pada umumnya dapat diperjualbelikan secara ekonomi karena kemampuannya yang memenuhi kebutuhan manusia secara langsung. Sedangkan barang abstrak tidak selalu dapat diperjualbelikan. Nama baik seseorang dan besarnya nama brand atau merek tidak bisa dicemari begitu saja. Karena sekali tercemar, maka kita tidak akan bisa menggantikannya dengan uang.  

Loading...

Blog, Updated at: Oktober 25, 2017

0 komentar:

Posting Komentar