Pengertian dan Contoh Kebutuhan Sekarang, Akan Datang, Tak Terduga, dan Sepanjang Masa

Posted by Ekonomi Bisnis on Sabtu, 21 Oktober 2017

Loading...

Loading...
Pada umumnya, kita mengenal kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang sebagai jenis-jenis kebutuhan menurut waktu pemenuhannya. Pada sumber lain, kebutuhan manusia berdasarkan waktu pemenuhannya dibagi menjadi empat, yaitu kebutuhan sekarang, kebutuhan akan datang, kebutuhan tak terduga dan kebutuhan sepanjang masa. Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam kebutuhan menurut watktunya beserta dengan contohnya.

Pengertian dan contoh kebutuhan sekarang


Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang sifatnya sangat mendesak dan harus dipenuhi pada saat itu juga, sehingga kebutuhan sekarang juga termasuk dalam kebutuhan primer. Kebutuhan sekarang perlu untuk dipenuhi karena jika tidak maka akan ada masalah yang dihadapi oleh seorang individu.

Contoh kebutuhan sekarang adalah makanan pada saat lapar, payung ketika hujan, air ketika terjadi kebakaran, obat ketika sakit, dan lain-lain sebagainya. Kebutuhan sekarang yang tergolong kebutuhan individu sudah seharusnya diprioritaskan, karena jika dikesampingkan, maka seorang individu bisa mengalami kerugian.

Contoh, jika kita menunda makan ketika lapar, kita akan terkena penyakit maag. Jika kita ngotot berjalan pada saat hujan, dan tidak menggunakan payung, kita bisa saja terserang penyakit. Jika kita sedang sakit dan menolak minum obat, maka bisa saja penyakit kita semakin parah.

Pengertian dan contoh kebutuhan yang akan datang


Pengertian dan Contoh Kebutuhan Sekarang, Akan Datang, Tak Terduga, dan Sepanjang Masa


Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang pemenuhannya bisa dilakukan di masa depan. Oleh karena itu, maka jauh sebelum masa depan tiba, biasanya banyak orang telah menabung untuk persiapan memenuhi kebutuhan di masa depan atau di masa yang akan datang.

Contoh kebutuhan yang akan datang adalah tabungan pendidikan anak, tabungan pensiun, dan tabungan untuk memiliki rumah sendiri jika telah berkeluarga. Kebutuhan sekarang masih bisa ditunda pemenuhannya. Hanya saja, jika tidak dipersiapkan sedari awal, maka seorang individu bisa saja mengalami masalah di masa mendatang.

Sebagai contoh, jika kita tidak mempersiapkan tabungan pendidikan untuk anak, maka ke depannya kita bisa terjebak hutang. Jika kita tidak menabung sejak awal untuk membeli rumah, maka bisa saja kehidupan kita berakhir di perumahan rumah mertua indah.

Pengertian dan contoh kebutuhan tidak terduga


Kebutuhan tak terduga adalah kebutuhan yang sifatnya insidentil atau tiba-tiba saja terjadi tanpa bisa diprediksi. Biasanya kebutuhan insidentil terjadi ketika kita atau orang sekitar kita terkena musibah dan perlu mendapatkan pertolongan. Kebutuhan tak terduga bisa bersifat menjadi kebutuhan primer manusia pada saat-saat tertentu.

Contoh kebutuhan insidentil adalah ketika kita tiba-tiba saja sakit dan harus mendapatkan perawatan. Atau ada keluarga kita di daerah yang terkena bencana alam dan butuh bantuan. Oleh karena itu, biasanya dalam mengelola keuangan kita perlu juga untuk mempertimbangkan terjadinya hal-hal yang tidak terduga.

Pengertian dan contoh kebutuhan sepanjang masa

Kebutuhan sepanjang masa adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan sepanjang waktu, sampai seseorang tidak lagi membutuhkan kebutuhan tersebut. Contoh kebutuhan sepanjang waktu adalah kebutuhan terhadap pendidikan.

Manusia terus ingin berkembang dan belajar. Oleh karena itu, maka manusia memerlukan biaya misalnya untuk membeli buku agar selalu mendapatkan ilmu-ilmu baru sampai akhir hayatnya. Selain itu, kebutuhan terhadap makanan dan minuman juga termasuk kebutuhan sepanjang waktu.


Berdasarkan waktu pemenuhannya, maka kita belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan-kemungkinan kebutuhan di masa depan. Kita perlu mempersiapkan kebutuhan di masa yang akan datang sejak sekarang  agar kelak di masa depan kita bisa menangani jika saja ada kebutuhan masa depan yang harus dipenuhi atau ada kebutuhan tak terduga yang bisa saja terjadi.
Loading...

Blog, Updated at: Oktober 21, 2017

0 komentar:

Posting Komentar