Pengertian dan Contoh Barang Inferior dan Superior

Posted by Ekonomi Bisnis on Rabu, 25 Oktober 2017

Loading...

Loading...
Menurut kualitasnya, barang dibedakan menjadi dua macam, yaitu barang inferior dan barang superior. Permintaan terhadap kedua jenis barang ini sangat bergantung pada tinggi rendahnya tingkat pendapatan masyarakat. Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian dan contoh barang inferior dan barang superior.

Pengertian dan contoh barang inferior


Pengertian barang inferior secara umum yaitu barang yang jumlah permintaannya meningkat ketika pendapatan masyarakat menurun. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa barang inferior adalah segala jenis barang yang memiliki nilai jual rendah yang dijadikan alternatif masyarakat ketika penghasilan dan pendapatan masyarakat menurun.

Contoh barang inferior antara lain adalah beras raskin, sandal jepit murah, pakaian-pakaian bekas, dan lain-lain sebagainya. Ketika pendapatan masyarakat menurun, maka masyarakat akan memilih barang inferior untuk memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi, ketika pendapatan masyarakat kembali meningkat, maka masyarakat akan membeli barang yang kualitasnya lebih baik.

Contohnya adalah keluarga A dengan pendapatan 1 juta perbulan akan memenuhi kebutuhannya dengan membeli beras raskin, pakaian bekas, dan barang elektronik bekas untuk memenuhi kebutuhannya. Ketika pendapatan keluarga A meningkat menjadi 10 juta perbulan, maka keluarga ini tentu tidak ingin makan beras raskin terus menerus. Maka keluarga ini menggantikan beras raskin dengan beras kualitas super.

baca juga : 

Pengertian dan contoh barang superior


Barang superior adalah segala jenis barang yang tingkat permintaannya hanya akan naik jika pendapatan masyarakat ikut meningkat. Umumnya barang superior adalah barang dengan harga mahal atau barang-barang mewah. Hal ini disebabkan karena barang superior pada dasarnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan tersier orang-orang berkantong tebal.

Barang superior memiliki kualitas yang sangat tinggi sehingga banyak orang-orang kaya membutuhkan barang superior untuk menunjukkan status sosial dan kelas sosial mereka di masyarakat. Barang superior menunjukkan kekuatan ekonomi seseorang dibandingkan dengan orang lainnya.

Contoh barang superior adalah barang-barang berkualitas tinggi pada jenisnya. Misalnya Apple Iphone dan Samsung Smartphone yang dianggap lebih berkelas dari pada smartphone merek lainnya. Mobil-mobil sport mewah yang dianggap lebih tinggi kualitasnya dibandingkan mobil sedan berharga murah, dan lain-lain sebagainya.

Pengertian dan Contoh Barang Inferior dan Superior


Pada intinya, barang inferior dicari ketika pendapatan masyarakat menurun sedangkan barang superior dicari ketika pendapatan masyarakat meningkat. Barang inferior dianggap sebagai pemuas kebutuhan jasmani di saat sedang kepepet dan kekurangan uang, sedangkan barang superior adalah pemuas kebutuhan jiwa manusia karena menimbulkan rasa bangga bagi pemiliknya. 

Loading...

Blog, Updated at: Oktober 25, 2017

0 komentar:

Posting Komentar