Pengertian Barang Bergerak dan Tidak Bergerak serta Contohnya

Posted by Ekonomi Bisnis on Selasa, 24 Oktober 2017

Loading...

Loading...
Di dalam ilmu ekonomi, barang dibedakan menurut jaminannya menjadi barang bergerak dan barang tidak bergerak. Barang bergerak dan tidak bergerak dapat digunakan sebagai jaminan kredit perbakan. Apa yang menjadi perbedaaan kedua jenis barang ini ketika digunakan sebagai jaminan kredit, berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian barang bergerak dan contoh barang bergerak


Barang bergerak adalah barang yang karena sifatnya mudah digerakkan atau mudah dipindahkan, maka barang ini disebut barang bergerak. Jika digunakan sebagai jaminan kredit di perbankan, maka barang bergerak hanya bisa digunakan dalam kredit jangka pendek. Akan tetapi, tidak semua barang bergerak bisa dijadikan jaminan kredit.

Ada banyak contoh barang bergerak dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita. Motor, mobil, perhiasan emas, alat elektronik, merupakan contoh barang bergerak yang dapat dijadikan jaminan kredit pada lembaga-lembaga keuangan bank maupun bukan bank.

Emas adalah contoh barang bergerak yang memiliki nilai jual sangat tinggi. Berbeda dengan kendaraan bermotor dan barang elektronik yang harganya cenderung turun jika telah digunakan, emas memiliki harga yang stabil dan cenderung naik di masa mendatang. Oleh karena itu, banyak ahli investasi keuangan yang menyarankan agar masyarakat berinvestasi dalam bentuk emas.

baca juga :

Pengertian barang tidak bergerak dan contoh barang tidak bergerak  


Barang tidak bergerak adalah barang yang sifatnya tidak mudah digerakkan atau tidak mudah dipindahkan. Barang tidak bergerak sangat cocok jika dijadikan jaminan kredit jangka panjang. Barang tidak bergerak dapat diterima sebagai jaminan kredit jangka panjang karena harganya yang cenderung meningkat seiring dengan perkembangan waktu.

Contoh barang bergerak antara lain adalah rumah, tanah, segala hal yang melekat di atas tanah seperti pohon, perkebunan, sawah, dan lain-lain.

Di dalam ilmu hukum, kapal dengan ukuran 20 meter kubik juga dikatakan sebagai barang tidak bergerak, meskipun kapal bisa dipindah-pindahkan. Ketentuan ini telah diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Pengertian Barang Bergerak dan Tidak Bergerak serta Contohnya



Beberapa jenis barang bergerak dan tidak bergerak pada dasarnya cocok dijakikan asset untuk investasi di masa mendatang karena harganya yang cendrung meningkat, emas, perak, perhiasan, tanah, rumah, ruko, gedung hingga perkebunan adalah barang-barang yang potensial di masa mendatang.
Loading...

Blog, Updated at: Oktober 24, 2017

0 komentar:

Posting Komentar