Pengertian dan Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Posted by Ekonomi Bisnis on Senin, 23 Oktober 2017

Loading...

Loading...
Dalam mejalankan kehidupannya, manusia memiliki berbagai macam kebutuhan berupa barang dan jasa. Barang dan jasa inilah yang termasuk ke dalam alat pemuas kebutuhan manusia. Dalam literature ekonomi, alat pemuas kebutuhan manusia dibagi berdasarkan wujudnya, cara memperolehnya, tujuan penggunaannya, hubungannya dengan barang lain, proses pembuatannya, berdasarkan kegunaannya untuk jaminan kredit atau sifatnya dan kualitasnya. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian alat pemuas kebutuhan dan macam-macam alat pemuas kebutuhan manusia.

Pengertian alat pemuas kebutuhan manusia


Secara umum, alat pemuas kebutuhan manusia adalah segala jenis barang dan jasa yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Dengan adanya alat pemuas kebutuhan, maka manusia bisa merasakan dan menjalankan kehidupannya tanpa adanya hambatan.

Alat pemuas kebutuhan manusia berperan untuk menciptakan kepuasan, rasa senang, bahagia, dan kesejahteraan pada diri seseorang. Ketika seorang manusia mampu memenuhi segala kebutuhannya dengan alat pemuas kebutuhan, maka hal itu berpengaruh besar pada keberlangsungan kehidupan manusia.

Alat pemuas kebutuhan manusia terbagi menjadi barang dan jasa. Barang adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang sifatnya berwujud dan dirasakan langsung oleh indera manusia. Contoh barang antara lain adalah smartphone android, mobil, motor, buku, dan lain-lain. Sedangkan jasa adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak berwujud tetapi sangat membantu meningkatkan kesejahteraan manusia. Contoh jasa adalah jasa  kurir antar barang, jasa angkutan umum, jasa tukang cukur, jasa dokter, dan lain-lain.

Pengertian dan Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Macam-macam alat pemuas kebutuhan manusia


Alat pemuas kebutuhan menurut wujudnya antara lain adalah :
  1. Barang konkret atau barang nyata adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang berwujud dan bisa dirasakan dengan panca indera manusia. Itu artinya, barang konkret bisa disentuh, memiliki bau atau aroma dan dapat dilihat. Contoh barang antara lain adalah laptop, meja, kursi, ricecooker, lemari, dan lain-lain.
  2. Barang abstrak adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak berwujud, tetapi sangat membantu memenuhi kebutuhan manusia. Barang abstrak biasa juga disebut dengan jasa. Contoh barang abstrak adalah jasa pengetikan, jasa SEO, jasa akuntan, jasa pengacara, dan lain-lain. 

Alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan kegunaannya untuk jaminan kredit atau menurut sifatnya antara lain adalah :
  1. Barang bergerak, yaitu barang yang karena sifatnya mudah untuk bergerak, maksudnya bisa dipindahkan dengan mudah. Barang bergerak bisa dijadikan jaminan kredit jangka pendek. Contohnya antara lain adalah motor, mobil, perhiasan emas, dan lain-lain.
  2. Barang tidak bergerak yaitu barang yang pada dasarnya tidak bisa digerakkan atau dipindahkan dengan mudah. barang bergerak juga adalah barang yang ditentukan oleh hukum sebagai barang tidak bergerak. Contoh barang tidak bergerak antara lain yaitu tanah, rumah, kapal laut ukuran besar lebih dari 20 meter kubik. Meskipun kapal laut bisa bergerak, karena ditentukan oleh hukum, maka ia dikatakan sebagai barang tidak bergerak. Barang tidak bergerak digunakan sebagai jaminan kredit jangka panjang. 

Alat pemuas kebutuhan manusia menurut hubungannya dengan barang lain adalah :
  1. Barang substitusi atau barang pengganti yaitu barang yang kegunaannya bisa digantikan oleh barang lain. Contohnya adalah beras bisa diganti dengan sagu atau sorgum, kemeja bisa diganti dengan jaket, tas bisa diganti dengan koper, dan lain-lain.
  2. Barang komplementer atau barang pelengkap adalah barang yang kegunaannya saling melengkapi dengan barang lain. Tanpa adanya barang pelengkapnya, maka barang komplementer tidak bisa berguna. Contohnya adalah Komputer dengan CPU, sepeda motor dengan bensin, buku dan alat tulis, dan lain-lain.

Alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan tujuan penggunannya antara lain:
  1. Barang konsumsi adalah barang yang langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa perlu diolah kembali. Contohnya adalah meja, laptop, buah-buahan, smartphone, dan lain-lain.
  2. Barang produksi adalah barang yang masih harus diolah melalui cara tertentu agar bisa menghasilkan barang baru yang berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya adalah kapas yang perlu diolah menjadi benang, kemudian diolah di pabrik tekstil sehingga menjadi pakaian yang siap pakai. 


Alat pemuas kebutuhan manusia menurut cara memperolehnya antara lain : 
  1. Barang ekonomi yaitu barang yang jumlahnya terbatas sehingga butuh pengorbanan untuk memperolehnya. Barang ekonomi biasanya merupakan barang yang perlu melalui proses produksi terlebih dahulu. Umumnya barang yang ada di sekitar kita adalah barang ekonomi. Contohnya helm, gelas, radio, kendaraan bermotor dan lain-lain.
  2. Barang bebas adalah barang yang jumlahnya melimpah di alam sehingga manusia tidak perlu pengorbanan untuk mendapatkannya. Contoh barang bebas yaitu sinar matahari, udara dan air.
  3. Barang illith yaitu barang yang didefinisikan sebagai barang yang dalam jumlah besar bisa menyebabkan bencana, bukan memenuhi kebutuhan manusia lagi. Contoh barang illith antara lain adalah air ketika banjir, dan api ketika kebakaran. 

Alat pemuas kebutuhan manusia menurut kualitasnya yaitu :
  1. Barang superior yaitu barang yang memiliki kualitas tinggi, dihargai sangat mahal dan memiliki daya tahan yang luar biasa. Contoh barang superior antara lain adalah mobil mewah anti peluru, kapal pesiar, lukisan mewah, dan lain-lain. Barang superior selalu diandalkan untuk memenuhi kebutuhan tersier dan memperoleh pengakuan.
  2. Barang inferior adalah barang dengan kualitas rendah, bisa didapatkan dengan mudah, dan dianggap tidak berpengaruh dalam meningkatkan status sosial. Contohnya adalah beras raskin, pakaian bekas, dan pakaian-pakaian tidak bermerek pada umumnya.

Alat pemuas kebutuhan manusia menurut proses pembuatannya antara lain adalah :
  1. Barang mentah, yaitu barang yang baru didapatkan dari alam dan belum mengalami proses apapun sehingga belum bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya adalah kayu di hutan, kapas, kulit hewan, mineral-mineral tambang, dan lain-lain.
  2. Barang setengah jadi yaitu barang yang telah mengalami proses produksi tetapi belum bisa digunakan langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya adalah kayu balok, tekstil, kulit, dan emas.
  3. Barang jadi yaitu barang setengah jadi yang telah diproses dengan cara tertentu sehingga telah siap pakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh barang jadi adalah rumah kayu, pakaian jadi, jaket kulit dan perhiasan emas.
baca juga :
penjelasan lengkap barang ekonomi, barang bebas dan barang illith
penjelasan lengkap barang substitusi/pengganti dan barang komplementer/pelengkap
penjelasan lengkap barang bergerak dan tidak bergerak
penjelasan lengkap barang superior dan inferior
penjelasan lengkap barang mentah, barang jadi dan setengah jadi
penjelasan lengkap barang konsumsi dan barang produksi
penjelasan lengkap barang konkret dan abstrak

Alat pemuas kebutuhan sangat beragam macamnya. Segala kebutuhan primer, sekunder, tersier, jasmani dan rohani manusia bisa terpenuhi dengan adanya alat pemuas kebutuhan manusia. Tanpa  adanya alat pemuas kebutuhan manusia, maka manusia tidak akan pernah maju dan memiliki peradaban seperti saat ini.    

Loading...

Blog, Updated at: Oktober 23, 2017

0 komentar:

Posting Komentar