17 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia dan Contohnya

Posted by Ekonomi Bisnis on Jumat, 20 Oktober 2017

Loading...

Loading...
Saya membutuhkan laptop, anda membutuhkan motor baru, masyarakat di kolong jembatan butuh tempat tinggal, Gianluigi Buffon butuh liga Champion, dan banyak kasus lainnya yang menjelaskan bagaimana kompleksnya kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi antara kebutuhan manusia yang satu dengan lainnya berbeda. Karakter individu, usia, tempat tinggal, budaya, adat istiadat, bentang alam, dan banyak faktor lainnya menyebabkan manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai macam-macam faktor yang mempengaruhi kebutuhan  manusia.

1. Usia

Usia atau umum seseorang menentukan sebanyak apa kebutuhan manusia. Ketika bayi kebutuhan primer manusia berupa asi. Beranjak menjadi anak-anak kita membutuhkan mainan dan alat tulis sederhana. Ketika masuk masa sekolah, kita butuh seragam dan perlengkapan sekolah. Ketika kuliah kita butuh laptop dan kendaraan bermotor, begitu seterusnya hingga saat kita dewasa dan menjadi tua. Kebutuhan kita bisa bertambah dan bisa berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

2. Tempat tinggal

Tempat tinggal manusia yang berbeda-beda menyebabkan kebutuhan manusia secara langsung berbeda. Bagi masyarakat yang tinggal di kota besar, maka kebutuhan air bersih sangat diharapkan. Sedangkan bagi masyakat yang tinggal di pedesaan, maka kebutuhan terhadap listrik yang memadai lebih diinginkan untuk dipenuhi.

3. Adat-istiadat / kebiasaan

Adat-istiadat masyarakat dunia khususnya Indonesia yang sangat unik antara satu daerah dengan daerah lainnya menentukan kebutuhan manusia terhadap barang dan jasa. Upacara-upacara adat yang berbeda jauh tentu saja menyebabkan kebutuhan kita berbeda. Sebagai contoh, pada saat upacara perkawinan. Dalam adat Jawa, perkawinan bisa dilangsungkan dengan cara sederhana, tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Sedangkan pada adat masyarakat Aceh atau Bugis, biaya mahar sangat besar dan tidak sesederhana upacara perkawinan biasa. Contoh lain adalah masyarakat Indonesia timur, seperti Papua memiliki kebiasaan mengunyah sirih, berbeda dengan kebutuhan masyarakat di Pulau Jawa atau Sumatera.

4. Profesi

Profesi atau pekerjaan atau mata pencaharian manusia berbeda-beda. Dengan demikian kebutuhan merekapun pasti berbeda. Seorang tukang ojek membutuhkan motor, petani butuh cangkul, dokter butuh stetoskop, pembalap butuh baju pelindung, atlet bulu tangkis butuh raket, dan lain-lain sebagainya.

5. Agama / kepercayaan

Sistem kepercayaan dan sistem religi sejak dahulu menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Bagi penganut agama nasrani, babi adalah makanan, sedangkan bagi penganut agama Islam, babi tidak boleh dimakan. Bagi penganut agama Islam, sapi adalah makanan sedangkan bagi penganut agama Hindu, sapi adalah hewan suci.  

6. Status sosial

Bagi orang-orang yang memiliki status sosial yang tinggi, maka mereka akan membutuhkan barang mewah, butuh pengakuan, dan lain-lain. Jika berpergian, masyarakat dengan status sosial tinggi atau kaum jetset memilih menggunakan jet pribadi. Seperti para pangeran dan raja-raja atau presiden dari suatu negara. Sedangkan yang memiliki status sosial biasa-biasa saja akan memilih menggunakan pesawat komersil.

7. Tingkat ekonomi

Tingkat ekonomi atau pendapatan manusia menentukan kebutuhan manusia secara langsung. Bagi yang berpendapatan rendah, maka sekedar memenuhi kebutuhan primer sudah cukup. Sedangkan bagi yang memiliki pendapatan tinggi, maka ia akan membutuhkan barang-barang mewah atau kebutuhan tersier. Contohnya adalah karyawan biasa dengan gaji lima juta perbulan memiliki kebutuhan untuk menghdupi keluarganya. Sedangkan atlet sepakbola dengan gaji 5 milyar rupiah per minggu, membutuhkan mobil atau rumah baru.

8. Hobi 

Perbedaan hobi juga menyebabkan kebutuhan manusia berbeda. Orang yang hobi memancing butuh alat pancing dan kapal, yang hobi mendaki gunung butuh tenda, tas carrier dan kupluk, sedangkan yang hobi membaca buku hanya membutuhkan buku yang banyak.

9. Jenis kelamin

Perbedaan jenis kelamin menjadi faktor utama yang menyebabkan kebutuhan manusia berbeda-beda. Kebutuhan laki-laki dengan perempuan sangat jauh berbeda. Perempuan membutuhkan gaun, sedangkan laki-laki membutuhkan jas dalam acara formal. Perempuan butuh banyak alat make up, seperti bedak, pensil alis, mascara, dan lain-lain. sedangkan laki-laki mungkin hanya butuh pomade atau tidak sama sekali.

10. Peradaban

Tingkat peradaban masyarakat di suku-suku terasing dengan masyarakat di kota New York sangat jauh berbeda. Dengan demikian kebutuhan mereka berbeda. Masyarakat suku pedalaman perlu berburu untuk mencari makan sedangkan masyarakat kota New York hanya perlu pergi ke rumah makan cepat saji. Masyarakat pedalaman butuh tempat tinggal dan alat berburu, sedangkan masyarakat kota New York butuh barang-barang mewah hingga pesawat pribadi.

11. Tingkat kepuasan

Ada orang-orang yang cepat puas dengan pencapaian mereka dan ada orang-orang lain yang memiliki ambisi tinggi dan tidak cepat berpus diri. Bagi yang cepat puas, bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan sudah cukup, sedangkan bagi yang lain, mereka menginginkan lebih banyak dari apa yang sudah mereka capai.

12. Pendidikan

Anak TK, SD, dan anak sekolah tentu saja memiliki kebutuhan berbeda dengan mahasiswa. Mahasiswa sarjana, pasca sarjana dan mahasiswa program doktor juga memiliki kebutuhan yang berbeda. Anak SD hanya membutuhkan alat tulis dan pensil warna, lain halnya dengan anak SMP dan SMA yang butuh buku paket. Berbeda pula dengan mahasiswa yang butuh laptop.

13. Faktor mode

Mode atau fashion secara tidak langsung telah mempengaruhi kebutuhan manusia. Dahulu kita hanya membutuhkan kaos oblong untuk terlihat gaya, sedangkan sekarang orang-orang butuh jaket, cardigan, dan jaket keren. Faktor mode ini terlihat lebih jelas pada pria dan wanita yang tinggal di kota-kota besar.

14. Perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi telah membawa manusia ke peradaban yang lebih maju. Sebelumnya kita hanya membutuhkan telepon seluler biasa untuk sekedar berkomunikasi. Sekarang kita membutuhkan smartphone dan iphone karena kedua benda ini telah menggantikan banyak fungsi benda lain. Dulu kita butuh jam weker, kalender, kamera, radio, dan banyak barang lain. Sekarang, fungsi barang tersebut bisa dipenuhi oleh smartphone.

15. Tingkat kesehatan

Adanya penykit dalam tubuh seseorang menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhannya. Penderita kanker membutuhkan kemoterapi. Sedangkan yang demam, hanya membutuhkan obat penurun panas. Semakin sehat seseorang, maka kebutuhannya tidak akan banyak dan semahal kebutuhan orang yang tidak sehat.

16. Waktu

Perbedaan zaman juga termasuk faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Pada zaman dahulu  manusia butuh emas dan sutera dalam melakukan jual beli. Sekarang kebutuhan itu telah diganti dengan uang kertas. Di masa depan, kita mungkin akan menggunakan uang elektronik seperti bitcoin, emoney, ethereum, dan mata uang virtual lainnya. Uang virtual bisa jadi akan menjadi kebutuhan di masa yang akan datang.

17. Kondisi alam

Kondisi alam mendorong manusia untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Perbedaan kondisi alam secara langsung menyebabkan kebutuhan manusia berbeda. Masyarakat pesisir pantai butuh jala dan alat pancing. Masyarakat pegunungan butuh cangkul. Masyarakat arab atau yang tinggal di daerh gurun yang panas butuh pakaian yang bisa menyebabkan udara masuk ke dalam tubuh. Sedangkan masyarakat eskimo yang tinggal di daerah dingin butuh pakaian yang tebal untuk melindungi dari udara dingin.

faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
seorang pria eskimo yang sedang memancing


Dari penjelasan di atas, kita bisa lihat begitu banyak dan kompleksnya kebutuhan manusia. Ada 17 faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia yaitu usia, tempat tinggal, adat istiadat, pekerjaan, agama, status sosial, pendapatan, hobi, jenis kelamin, peradaban, tingkat kepuasan, pendidikan, mode, perkembangan teknologi, kesehatan, waktu hingga kondisi alam. 

Loading...

Blog, Updated at: Oktober 20, 2017

0 komentar:

Posting Komentar